MENU
icon label
image label
blacklogo

4 Aplikasi Terbaik Untuk Mendengarkan Podcast di Smartphone

SEP 03, 2019@16:30 WIB | 774 Views

Munculnya podcast membawa demokratisasi pemrograman yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tidak seperti radio tradisional, host podcast dapat membuat acara di ruang tamu mereka tentang topik apapun yang mereka pilih, tanpa dibelenggu oleh peraturan dari pihak stasiun radio. Saat ini, ada ratusan ribu podcast yang berkeliaran di web, mencakup setiap topik yang bisa dibayangkan, termasuk tentang dunia kriminalitas, sejarah, bahkan keahlian memasak. Podcast pun semakin popular selama dekade terakhir, di samping smartphone tentunya. Beberapa orang bahkan berspekulasi bahwa tren ini mungkin merupakan akhir dari radio tradisional.

Meskipun Anda dapat mengunduh podcast dari situs webnya, ada beberapa aplikasi yang tersedia untuk iOS dan Android yang memungkinkan Anda mengunduh episode secara otomatis dan mengurutkannya dengan lebih mudah. Kini lebih dikenal dengan julukan podcatcher, aplikasi-aplikasi ini tersedia di berbagai sistem dan umumnya murah (atau bahkan gratis). Berikut 4 aplikasi podcatcher terbaik saat ini:

Google Podcasts (gratis)

Dulu podcast hanya sebuah bagian kecil dari aplikasi Google Play Music, tetapi semuanya berubah dengan peluncuran Google Podcast. Ini ramping dan bergaya, menawarkan tampilan bersih yang menjadi ciri aplikasi Google apapun, dan ia memiliki akses ke jutaan podcast. Podcatcher ini memang memiliki fitur lebih sedikit daripada beberapa aplikasi lain yang ada saat ini, tetapi Google kabarnya akan terus menambahkan fitur dengan cepat. Namun kemampuan terintegrasi dengan Google Assistant yang hebat setidaknya memberinya nilai jual tersendiri. Cukup minta Google Assistant untuk memasang episode terbaru dari podcast tertentu, dan selesai.

Castbox (gratis / pembelian dalam aplikasi)

Sebagai pemenang dari banyak penghargaan dari Google Play Awards tahunan Google, Castbox memantapkan dirinya sebagai aplikasi yang menonjol di bidang podcast. Pembuat sebelumnya bekerja di Podcast Player, dan telah menggunakan pengalaman itu untuk membuat Castbox. Ini memiliki sebagian besar dari apa yang Anda harapkan dari podcatcher, dengan akses ke lebih dari satu juta podcast, sinkronisasi cloud, serta dukungan Chromecast dan Amazon Echo. Tata letaknya bersih dan memudahkan Anda menemukan podcast favorit Anda. Setelah ditemukan, Anda dapat membaginya di platform media sosial, bahkan meninggalkan komentar di podcast itu melalui aplikasi ini. Sayangnya, Castbox didukung iklan, dan jika Anda ingin memotongnya, Anda akan dikenakan biaya 1 dolar AS sebulan.

Jika Anda seorang podcaster sendiri, Castbox juga menawarkan beberapa layanan untuk Anda, termasuk hosting, iklan, dan penyimpanan tanpa batas.

Overcast (gratis / 10 dolar)

Pengguna iOS dapat menemukan Overcast sebagai pilihan terbaik mereka untuk mendengarkan podcast. Didesain murni untuk iOS, Overcast memiliki antarmuka minimalis yang sesuai dengan filosofi desain Apple. Seperti Pocket Casts, aplikasi ini memiliki fitur seperti daftar putar yang dapat disesuaikan, normalisasi suara, dan kecepatan pemutaran yang bervariasi, sehingga pengguna dapat mendengarkan podcast seperti yang mereka inginkan. Ada juga pengatur waktu tidur, sehingga pengguna dapat mendengarkan podcast saat mereka tertidur. Pustaka podcast Overcast sangat luas, dan menemukan program baru itu mudah. Aplikasi ini juga dirancang untuk bekerja di Apple Watch, menjadikannya salah satu podcatcher paling serbaguna untuk penggemar Apple. Versi aplikasi yang didukung iklan gratis, tetapi jika Anda memilih untuk versi bebas iklan alias Premium, itu akan dikenakan biaya 10 dolar per tahun.

Podcast Apple (Gratis)

Percaya atau tidak, tetapi penggemar Apple tidak perlu melihat jauh untuk podcatcher yang cakap. Aplikasi podcast asli perusahaan tersebut sudah dimasukkan ke perangkat iOS, sehingga memungkinkan pengguna menemukan dan berlangganan berbagai program yang berbeda. Tidak mengherankan, aplikasi yang dinamai Podcast itu tepat cocok dengan ekosistem Apple yang lebih besar dan dapat disinkronkan dengan akun iTunes pengguna. Jika Anda berlangganan podcast di iTunes, misalnya, aplikasi itu akan segera mengenali pilihan Anda.

Jika Anda hanya mendengarkan episode podcast sesekali atau ingin mengarsipkan podcast di komputer Anda, mengunduh episode individual secara manual mungkin salah satu cara. Namun, itu bisa menjadi proses yang sangat memakan waktu, dan kemungkinan akan terlalu merepotkan bagi pecandu podcast. Pada titik tertentu, mengunduh podcast individual tampak sama menggelikannya seperti mengunduh album satu lagu setiap kalinya. Untuk pendengar podcast reguler, aplikasi podcatcher jauh lebih efisien dan menghemat waktu.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
podcast,
#
podcatcher,
#
google podcast,
#
apple podcast,
#
overcast,
#
castbox