MENU
icon label
image label
blacklogo

2021, Google Akan Pindahkan Pengguna Dari Hangouts ke Google Chat

OCT 19, 2020@15:00 WIB | 990 Views

Google telah mengumumkan bahwa pihaknya akan segera mentransisikan penggunanya dari Google Hangouts ke Google Chat di bawah Google Workspace yang diganti mereknya (sebelumnya G Suite). Proses transisi tersebut akan dilakukan pada paruh pertama tahun depan. Google Workspace telah menghadirkan aplikasi Gmail, Kalender, Drive, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Meet, dan kini aplikasi Chat, dalam ruang terpadu-nya. Hingga saat ini, Google Chat hanya tersedia untuk pelanggan G Suite premium. Tetapi ini diatur untuk menjadi layanan gratis di dalam Gmail dan sebagai aplikasi mandiri (seperti Google Hangouts layaknya).

Google Workspace yang baru juga hanya tersedia untuk pelanggan bisnis sekarang ini. Perusahaan dalam sebuah posting blog telah mengatakan bahwa mereka akan membawanya ke user atau pengguna lainnya pada tahun depan. Aplikasi Google Chat akan mempertahankan beberapa fitur dari Hangouts, seperti perpesanan langsung dan grup, dan juga membuang beberapa fitur lainnya. Dan Google mengatakan aplikasi perpesanan baru juga bakal memiliki mekanisme phishing yang sama seperti Gmail. Artinya, tautan dan lampiran yang dikirim melalui Google Chat akan secara otomatis berjalan melalui data waktu nyata dari Penjelajahan Aman Google dan ditandai jika hal itu berbahaya.

Google juga telah memastikan bahwa data pengguna Hangouts, termasuk riwayat percakapan dan kontak, akan secara otomatis bermigrasi ke Google Chat yang baru setelah ditayangkan pada paruh pertama tahun 2021 mendatang. Perusahaan belum memberikan tanggal pasti akan proses transisi ini, juga belum menentukan hal-hal yang harus dilakukan pengguna untuk antisipasi transisi.

Fitur Video call di Hangouts juga akan mulai menggunakan Meet mulai November. Dan pengguna tidak akan dapat menelepon nomor telepon dari Hangouts mulai awal tahun depan. Beberapa detail lainnya khusus disiapkan untuk pengguna Google Fi dan Google Voice. Untuk pengguna Voice, perusahaan mengatakan akan mulai mengarahkan pesan teks dan panggilan dari Hangouts ke aplikasi Voice bulan ini, dan menghapus dukungan Voice dari Hangouts sepenuhnya tahun depan. Pengguna Google Fi tidak akan dapat mengelola pesan teks dan panggilan dari Hangouts mulai sekitar awal tahun 2021. Namun, peralihannya ini akan dilakukan secara bertahap dan Hangouts serta Chat akan tersedia untuk sementara waktu ini bagi penggunanya. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
google hangouts,
#
google chat,
#
teknologi inovatif,
#
google workspace