MENU
icon label
image label
blacklogo

Sunrise Punthuk Setumbu Ketika Merbabu dan Borobudur Masih Berkabut

NOV 03, 2017@13:00 WIB | 534 Views

Penggemar sunrise tentu selalu terpacu mengabadikan potongan sinar mentari di pagi hari. Kami memilki referensi spot sunrise yang cukup menawan. Namanya Bukit Punthuk Setumbu, yang menyajikan spot sunrise berlatar Gunung Merapi Merbabu. Diantara jangkauan mata ke puncak Merbabu, terlihat puncak stupa dari Candi Borobudur, yang masih dikelilingi embun pagi yang pekat.

Sejak lokasi ini dibuka, banyak wisatawan asing dan domestik yang mengasah talenta fotografer, memainkan shutter speed dan diafragma. Punthuk Setumbu  merupakan bukit dengan ketinggian 400 meter dpl, dan terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Terletak di desa Karangrejo, Borobudur,  awalnya hanya merupakan ladang penduduk, namun karena seorang fotografer mengabadikan sunrise berlatar Candi Borobudur dan Merbabu, banyak orang datang ke tempat ini.

Nah bagi Black Pals, yang ingin kesana mengabadikan keindahan sunset. Disarankan untuk datang sebelum jam 5 pagi.  Dari parkiran yang ada di kaki bukit, wisatawan harus trekking sekitar15 menit, untuk mencapai puncak. Perlu diingat rute masih berlupa jalan tanah dan jalan bebatuan. Namun jangan takut yang tidak kuat trekking. Tak jauh dari tempat parkir terdapat beberapa gazebo, dimana wisatawan bisa menyaksikan Borobudur dari kejauhan.

Khusus buat penggemar fotografi, Anda disarankan datang ke Punthuk Setumbu disaat musim kemarau. Tepatnya bulan Juni hingga Agustus. Diantara 3 bulan ini, matahari terlihat jelas tanpa mendung. Selain itu lokasi trekking kering dan mudah dilalui.  Namun jika tujuan Anda hanya ingin melihat Candi Borobudur berselimut kabut, pengujung bisa datang kapan saja. Anda hanya dipungut biaya retribusi sebesar Rp15.000 per orang.

Dari depan Taman Wisata Candi Borobudur silahkan melaju menuju Hotel Manohara, kemudian lurus terus ke arah perbukitan Menoreh. Tak jauh dari situ ada pertigaan dan petunjuk arah bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise. Silahkan belok kanan mengikuti petunjuk arah hingga sampai di tempat parkir Bukit Punthuk Setumbu.

Punthuk Setumbu lokasinya berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur Magelang.

Tags :

#
blackspot,
#
sunrise,
#
punthuk setumbu,
#
borobudur,
#
merbabu