MENU
icon label
image label
blacklogo

Mengenang Ani Yudhoyono Lewat Jelajah Kuliner Favoritnya

JUN 02, 2019@13:13 WIB | 761 Views

Ani Yudhoyono mengembuskan napas terakhir di National University Hospital (NUH), Singapura pada 1 Juni lalu. Istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini meninggal dunia di usia 66 tahun.

Baik Ani hingga SBY sama-sama suka kulineran. Beberapa bulan sebelum dia sakit, Ibu Ani mendampingi SBY safari politik ke beberapa daerah, termasuk mencoba kuliner andalannya. Apa saja? Berikut daftarnya.

Di Tasikmalaya, Ani Yudhoyono mencicipi bubur ayam Pak Zaenak di kafe Orange Steak Culture. Ibu Ani juga melihat-lihat kerajinan payung yang disebutnya indah dan berwarna-warni.

Mencari bubur ayam di Tasikmalaya bukanlah perkara sulit. Banyak penjaja gerobak hingga warung makan menawarkan bubur ayam sebagai menu andalan. Dari sekian banyak penjual bubur, warung Bubur Ayam Kalektoran milik H. Zaenal paling terkenal di sini.

Berdiri sejak tahun 1969, bubur ayam racikan H. Zaenal punya keistimewaan. Tekstur buburnya tidak terlalu kental alias agak encer. Topping-nya melimpah ruah berupa suwiran ayam kampung, ati ayam, cakwe, dan daun bawang.

Selain bubur, Ibu Ani Yudhoyono juga menyukai durian. Saat mengunjungi Purworejo ia menyantap durian dari bapak Tri Harimawan. Selain Kali Gesing, ada Durian Bagelen dan Mergoyoso. Ibu Ani juga menyanjung durian dari Banjarnegara yang dikatakannya dulu pernah mendapat predikat juara. Warnanya kuning, dagingnya tebal dan rasanya legit.

Memang di kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo lebih tepatnya sepanjang jalan Kaligesing menuju Purworejo terdapat banyak pedagang yang menjajakan durian. Mulai dari yang berkualitas rendah hingga super atau yang sering disebut durian montong.

Saat di Kuningan, Ibu Ani Yudhoyono juga mampir ke RM Palinggihan. Dengan bangga, Ibu Ani memperkenalkan sambal lenca , karedok, dan sate kambing. "Dan tidak lupa juga petai. Pasti nikmat sekali," katanya sambil tersenyum di Instagram yang diunggahnya. Selesai makan, Ibu Ani berfoto bersama dengan karyawan di rumah makan tersebut.

Rumah Makan Palinggihan adalah salah satu rumah makan di daerah Beber yang sudah sangat populer bagi masyarakat di sekitar Cirebon dan Kuningan. RM Palinggihan sendiri terkenal karena ayam goreng, sate ayam dan sambal (dadakan) terasinya yang memiliki cita rasa yang cukup kuat.

Tags :

#
wisata kuliner,
#
sby,
#
ani yudhoyono,
#
kuliner nusantara