MENU
icon label
image label
blacklogo

Mengagumi Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

APR 02, 2019@15:46 WIB | 213 Views

Danau Toba merupakan tempat wisata paling terkenal di Sumatera Utara. Bahkan sampai sekarang, danau ini masih menjadi primadona wisatawan dunia yang berkesempatan berkunjung ke tanah Sumut. Danau Toba menurut para ilmuwan terbentuk akibat satu atau beberapa letusan gunung berapi yang luar biasa besar lebih dari 70 ribu tahun lalu, yang juga diperkirakan sebagai salah satu letusan terdahsyat dalam sejarah bumi.

Letusan itu membuat kawah yang luar biasa besar. Lambat laun, kawahnya yang sangat besar dipenuhi air dan membentuk apa yang kita kenal sebagai Danau Toba sekarang ini. Danau ini memiliki luas sekisar 1145 km persegi (dua kali luas Singapura) dengan kedalaman sekitar 505 meter. Danau Toba terletak di tengah Pulau Sumatra bagian utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter DPL.

Di tengah danau terdapat  Pulau Samosir yang sangat indah dan penuh dengan warisan budaya. Pulau ini diperkirakan terbentuk akibat pergeseran lapisan bumi yang membuat dasar danau naik dan membentuk daratan baru. Luas Samosir sendiri sekitar 647 kilometer persegi, yaitu hampir sama dengan luas negara Singapura.

Dengan ketinggian hampir 1 kilometer di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh deretan gunung berapi yang merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan membuat udara Danau Toba begitu sejuk dan segar. Banyaknya pohon enau dan pinus yang tumbuh subur di sekeliling danau semakin menambah pesona keindahannya.

Di sebelah utara Danau Toba masih bisa kita jumpai berbagai fauna menarik seperti lutung, orangutan, dan beberapa jenis monyet. Sedangkan di bagian selatan terdapat fauna yang berbeda jenis seperti monyet lingur, tapir, dan ingkir. Hal ini juga merupakan keunikan danau ini, karena seolah-olah berfungsi sebagai garis pemisah ekologi fauna di sisi utara dan selatan.

Sejauh mata memandang, yang terlihat keindahan danau yang dikelilingi deretan gunung yang begitu indah dan menakjubkan. Kabut tebal kadang menyelimuti danau yang sejuk dan dingin ini. Jika tidak ada kabut, lekukan Danau Toba begitu indah untuk dikagumi. Ya, Danau Toba seperti sebuah laut di tengah-tengah daratan yang benar-benar sejuk.

Anda dapat mengamati lekuk indah Danau Toba melalui Menara Tele. Apalagi jika dilihat pada pagi hari, pemandangannya begitu indah mengingat menara ini berada di lereng bukit. Anda dapat menemukan Menara Tele di antara Pangururan dan Sidikalang.

Jika ingin menginap tanpa menyeberang ke Pulau Samosir, Anda bisa memilih berbagai penginapan di daerah Parapat. Di sana ada beberapa hotel dan resor dengan pemandangan langsung ke Danau Toba.

[Ard/timBX]

Tags :

#
danau toba,
#
sumatra utara,
#
pulau samosir,
#
danau vulkanik

RELATED ARTICLE