MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips memilih Head Unit SQ

SEP 01, 2015@20:00 WIB | 6,403 Views

Dalam kontes audio mobil, terdapat tiga kelas yang biasanya diperlombakan yakni SQ, SQL, dan SPL. Untuk kelas SQ (Sound Quality) sendiri biasanya terdiri dari beberapa kategori. Kali ini kami akan memberikan sedikit panduan untuk memilih hedunit yang tepat jika Anda ingin terjun di kelas SQ tersebut.

Sesuai namanya, kelas SQ mementingkan kualitas suara dari semua lini. Untuk memenuhi kebutuhan Anda, maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah headunit tersebut harus memiliki fitur Crossover. Fungsi fitur ini adalah untuk meningkatkan kualitas suara didalam kabin kendaraan. Dalam hal ini fitur tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi akustik dan jenis mobil itu sendiri.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah fitur Equalizer. Fitur ini berfungsi untuk mengatur aliran musik yang Anda inginkan, apakah itu Pop, Jazz, Klasik dan juga Custom. Hal tersebut erat kaitannya dengan acuan peraturan pada kontes yang Anda ikuti. 

Fungsi terakhir adalah Time Correction. Fitur ini tugasnya untuk mengatur delay suara dari masing-masing speaker agak keluar bersamaan. Dalam hal ini, speaker yang letaknya lebih dekat dengan headunit akan didelay, agar suara keluar berbarengan dengan speaker yang letaknya lebih jauh.

Namun, headunit yang memiliki kecanggihan seperti diatas memiliki harga yang terbilang mahal. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan processor terpisah untuk menyiasati kekurangan diatas tadi. [dw/timBX]

Tags :

#
headunit
#
Tips Audio
#
Audio Mobil
#
SQ
#
SQL
#
SPL
#
Time Correction
#
Head Unit SQ