MENU
icon label
image label
blacklogo

Upgrade Audio Mobil Harian, Jangan Cuma Mahal 4 Hal Ini Wajib Diperhatikan

MAR 21, 2022@19:00 WIB | 776 Views

Jangan tergiur harga mahal! Sesuaikan perangkat audio sesuai selera dan kebutuhan mu

Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk membuat perjalanan menyenangkan dan tidak membosankan. Salah satunya dengan mendengarkan musik di mobil kesayangan.

Umumnya mobil-mobil kekinian sudah dilengkapi dengan berbagai perangkat audio yang canggih, mumpuni, dan memiliki kualitas cukup baik.

Namun, bila kalian tipe orang pemerhati dan detail akan suara musik tentu ingin audio mobil lebih mumpuni dengan cara mengupgrade perangkat audio system.

Eits tunggu dulu, untuk mengupgrade audio khususnya di mobil harian kalian bisa perhatikan 4 hal di bawah ini.

1. Pastikan pilih dan pasang perangkat audio berkualitas, jangan hanya mahal.

Hal ini perlu kalian lakukan sebelum upgrade dan beli perangkat audio, carilah terlebih dahulu referensi berbagai perangkat audio yang baik dan sesuai selera bahkan kebutuhan. Cara tersebut bisa melalui  browsing internet, melihat review perangkat audio bahkan saran dari teman.

Carilah perangkat dengan kualitas sesuai dengan kendaraan yang dimiliki. Sebagai panduan dasar, pilihlah speaker dengan sensitivitas tinggi sekitar 90dB jika head unit mobil memiliki output daya kecil. Semakin sensitif speaker, maka semakin efisien daya yang dibutuhkan. Dan ingat jangan hanya tergiur dengan harga mahal namun tidak sesuai selera dan kebutuhan telinga kalian.

2. Pahami dan periksa seluruh fitur yang dimiliki Head Unit

Head unit bisa dibilang adalah "otak" dari sistem audio mobil. Usahakan pilih head unit sesuai yang dengan kebutuhan. Harga head unit yang menawarkan fitur-fitur canggih biasanya mahal, dan belum tentu fitur tersebut diperlukan jika calon pembeli hanya ingin mendengarkan musik saja.

Pilihlah head unit yang dilengkapi equalizer. Adanya equalizer pada headunit dapat membantu mengatur sendiri kualitas audio. Jika ingin menambah kualitas audio yang lebih bagus, maka pilihlah head unit yang memiliki jalur koneksi audio pre out, Front, Rear dan Subwoofer.

3. Speaker atau Subwoofer

Penggunaan subwoofer membutuhkan bagasi yang luas dan biaya yang mahal. Sebagai alternatif dari subwoofer, pembeli dapat mengubah speaker dan tweeter pada mobil. Hanya dengan mengubah speaker dan tweeter, dana yang dikeluarkan tentunya jauh lebih murah dan kualitas audio yang didapatkan juga tak kalah bersaing dengan kualitas bioskop.

4. Peredaman Kabin

Salah satu hal utama yang dapat menambah performa audio adalah dengan peredaman kabin. Peredam tentunya memiliki fungsi untuk meredam suara dari luar yang dapat tembus ke dalam kabin. Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat peredam kabin adalah busa dicampur dengan kain. Namun, penggunaan peredam berbahan dasar kayu juga bisa menjadi alternatif. Peredam berbahan kayu ini lebih efektif dalam meredam suara dari luar. Selain itu, harganya sendiri tergolong lebih murah, yaitu dengan hanya mengeluarkan modal sebesar Rp400-500 ribu per panel. [azz/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
audio,
#
system audio,
#
mobil,
#
headunit