MENU
icon label
image label
blacklogo

Ternyata Bridgestone Sarankan Pebalap Gunakan Ban Seperti Rossi

APR 22, 2015@20:00 WIB | 1,094 Views

Bridgestone ternyata telah merekomendasikan semua pebalap tim pabrikan MotoGP untuk menggunakan ban belakang berkompon ekstra keras seperti Rossi di GP Argentina. Tiga pebalap Honda yakni Marc Marquez, Cal Crutchlow dan juga Hiroshi Aoyama malah memilih ban belakang berkompon keras, pilihan inilah yang membuat Marquez dapat memimpin lomba hingga berjarak 4 detik dengan pebalap dibelakangnya. Namun seperti diketahui bahwa jelang balapan berakhir, Valentino Rossi yang menggunakan ban berkompon ekstra keras berhasil menggusur posisi Marquez hingga akhirnya menjadi kampiun MotoGP seri Argentina.

Insiden antara Marquez dengan Rossi kemarin memberi berkah pada Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow. Posisi kedua pebalap tersebut naik satu peringkat akibat Baby Alien tersungkur saat meladeni perlawanan The Doctor. Dovizioso yang membela Ducati tidak punya pilihan untuk menggunakan ban berkompon ekstra keras, hal ini juga yang membuat laju GP15 tidak ganas layaknya seri-seri sebelumnya.

"Berdasarkan hasil analisis kami selama gelaran balap di akhir pekan kemarin, sebenarnya kami telah merekomendasikan bagi para pebalap pabrikan Honda dan Yamaha untuk menggunakan ban belakang ekstra keras pada saat balapan. Namun pada akhirnya para pebalap sendiri yang dapat menentukan pilihan terkait strategi balapan," ujar Chief Engineer Bridgestone Masao Azuma.

"Menentukan pilihan ban pada saat balapan memang hal yang sulit bagi beberapa pebalap, terlebih pada hari Sabtu kondisi lintasan lebih dingin. Rossi yang memilih ban belakang ekstra keras tampil sangat konsisten, berbeda dengan Marquez yang sangat kuat diawal namun akhirnya mampu dikejar oleh Rossi diakhir lomba," lanjut Masao. [dw/timBX]

Tags :

#
Bridgestone
#
Bridgestone Tire
#
GP Argentina
#
Marc Marquez
#
Cal Crutchlow
#
Hiroshi Aoyama
#
Valentino Rossi