MENU
icon label
image label
blacklogo

Legenda F1 Sir Jack Brabham meninggal dunia

MAY 20, 2014@14:21 WIB | 421 Views

Dunia balap Grand Prix Formula Satu kehilangan salah satu legenda pebalap terbaik dimasanya, Sir Jack Brabham lahir pada tahun tahun 1926 di Hurstville dekat Sydney, Australia dan meninggal pada usia 88. Mantan juara dunia tiga kali balap Formula Satu tersebut memenangi balapan dengan mobil yang ia bangun dengan tangannya sendiri. Pebalap asal negeri kangguru tersebut mendapat gelar bangsawan pada tahun 1979, lalu menjadi juara dunia pada tahun 1959, 1960 dan terakhir 1966.

Sang legenda masih menjalani hingar bingar dunia balap mobil Grand Prix hingga usia 40-an, kemenangan terakhir yang berhasil diraihnya adalah saat dirinya berumur 43 tahun di Afrika Selatan Grand Prix 1970. Setelah mengumumkan pensiun dari dunia yang membesarkan namanya tersebut, pebalap yang terlahir dengan nama John Arthur 'Jack' Brabham mengawali karier sebagai mekanik pesawat Angkatan Udara Australia kala berusia 18 tahun hingga pada umur 20 tahun ia mulai mendirikan bengkel sendiri yang dibangun bersama pamannya.

Petualangan Brabham dimulai dengan membuatkan mesin untuk temannya yang akan berlaga diajang balap garuk tanah (dirt track) yang populer di Australia. Dari sana Brabham mulai berlomba meniti karier dan akhirnya menang, empat kejuaraan Australia berturut-turut telah berhasil dimenangkannya, demi mengejar karier di Inggris, Brabham membangun sendiri mobil Formula satu bermesin belakang untuk pertama kalinya. Brabham meninggalkan tiga orang anak dan satu orang istri, dipenghujung hidupnya Brabham berjuang melawan penyakit hati yang mengerogoti tubuhnya, selamat jalan Sir John Brabham. [dw/timBx]

Tags :

#
Sir Jack Brabham
#
F1
#
Formula One