MENU
icon label
image label
blacklogo

Kejuaraan Superbike Akan Mencoba kelas 300cc

DEC 30, 2014@09:00 WIB | 539 Views

Komisi Superbike sedang mempertimbangkan untuk mencoba kelas baru yakni kelas 300cc. Pengenalan kelas baru di ajang WSBK telah melalui proses pembicaraan dengan para produsen motor. Perwakilan dari Dorna Sports selaku pemegang hak dan juga FIM sudah mulai berdiskusi dengan para produsen untuk membicarakan potensi kelas baru ini yang nantinya akan diberi nama Supersport 300.

Jelas bahwa hal ini bukanlah kabar yang mengejutkan, pabrikan seperti BMW, Kawasaki, EBR, atau KTM sudah menunjukkan minatnya untuk ikut serta dalam kelas menengah dalam olahraga motorsport ini. Munculnya sebuah analisa bahwa kelas supersport yang dihuni oleh motor-motor ber-cc 600 hingga 700cc tidak lagi sepopuler satu dekade silam.

Krisis ekonomi global sepertinya telah membuka mata produsen motor dunia dan menyadari bahwa "Semakin besar maka semakin mahal." Dan mesin yang lebih kecil kini menjadi lebih masuk akal. Langkah Dorna untuk menciptakan kelas Supersports 300 dinilai langkah cerdas. Pertama karena kelas 300cc adalah jembatan sebelum menuju kelas 600cc (Supersport) dan WSBK tentunya. Walaupun perpindahan pebalap Superbike ke MotoGP tidak bisa dihentikan. Namun kelas 300 ini dinilai akan membuat peta persaingan lebih menarik bagi bibit muda.

Kedua adalah masalah biaya, untuk mengikuti kelas 300cc tidak diperlukan biaya yang sangat tinggi layaknya kelas supersport. Hal ini niscaya akan membuat orang mulai berpikir untuk membuat tim balap. Hal ini juga dipercaya akan memberikan kontribusi terhadapa penjualan sepeda motor dipasar lokal setempat. Jika rencana ini berjalan sesuai rencana, maka kita akan segera melihat Kawasaki Ninja 300, KTM RC 390 dan Yamaha YZF-R3 sebagai pemain resmi pertama kelas baru ini.[dw/timBX]

Tags :

#
Superbike
#
WSBK
#
Supersport 300
#
BMW
#
Kawasaki
#
EBR
#
Kawasaki Ninja 300
#
KTM RC 390
#
Yamaha YZF-R3