MENU
icon label
image label
blacklogo

Jalanan Makin Macet Penjualan Mobil Makin Tinggi

AUG 19, 2015@13:30 WIB | 650 Views

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Jusuf Kalla menyebutkan kalau kini ada fenomena menarik yaitu ketika jalan-jalan raya semakin macet ternyata penjualan mobil justru meningkat.

Menurut dia, meningkatnya penjualan mobil ini seiring dengan bergesernya kebutuhan mobil yang menjadi kebutuhan dasar. "Kini trennya semakin macet jalan, semakin banyak penjualan mobil. Itu karena ketika jalanan macet maka mobil berubah menjadi kebutuhan dasar," kata JK di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/8/2015).

Ia mencontohkan, jika jalan raya macet maka satu rumah akan memiliki lebih dari dua mobil. "Karena sudah tidak mungkin orang tua mengantar anaknya dulu baru ke kantor. Jadi solusinya anak pakai mobil sendiri, orang tua pakai mobil sendiri," ucap JK.

Disinilah peran mobil menurutnya sudah berkembang jadi kebutuhan dasar di tengah kebutuhan mobilitas di kota besar seperti Jakarta. "Contoh lainnya bisa dilihat dari saat musim mudik Lebaran. Kalau dulu yang ramai itu kereta api, kemudian berubah jadi pengguna motor, dan musim mudik kemarin mayoritas diisi pemobil," ucapnya.

Bergesernya kebutuhan dasar akan mobil ini tentu saja akan membangkitkan industri pendukung lainnya. "Karena industri otomotif berkaitan dengan puluhan industri pendukung seperti vendor-vendor. Dengan majunya industri otomotif maka akan melibatkan pula kemajuan jutaan orang," tutup JK saat membuka IIMS 2015. [Pra/timBX]

Tags :

#
IIMS 2015
#
Jusuf Kalla
#
Macet
#
JIExpo Kemayoran