MENU
icon label
image label
blacklogo

Metal, Tool Grafis baru jadi senjata iOS 8

JUN 05, 2014@08:44 WIB | 940 Views

Apple membawa tool pengembang baru untuk menguatkan kinerja dari iOS 8 yaitu dengan menghadirkan API terbaru, "Metal." Perusahaan mengungkapkan bahwa ini bertujuan untuk meningkatkan  kinerja yang lebih cepat pada pengolahan grafis gambar, dalam kasus ini terutama pada saat menjalankan aplikasi game.

Dengan Metal, Apple berharap untuk menggantikan standard industri 3D Graphics API yaitu OpenGL. Dengan API ini, Apple telah menerapkannya bersama chip A7. Chipset tersebut dipasang pada perangkat iPhone 5S dan iPad Air dimana itu menjadi yang pertama menggunakan teknologi 64-bit untuk dunia game mobile.

Craig Federighi, kepala perangkat lunak Apple mengatakan bahwa metal dapat bekerja dengan kecepatan rata-rata 10 kali dan secara substansial overhead lebih sedikit dibandingkan dengan OpenGL.  Sehingga saat menjalankan aplikasi game dengan detail graphic yang besar, pengguna tidak akan mengalami lag atau terlihat tersendat.

Apple mendemokan Metal dengan aplikasi game dari Epic Games. Epic, pengembang yang banyak  menggunakan Unreal Engine powering ini merupakan mitra lama Apple, dengan salah satu game terlaris yaitu seri Infinity Blade iOS.

Tim Sweeney, co-founder dan CEO Epic Games, menunjukan Metal mampu bekerja dengan efisiensi render hingga sepuluh kali lipat. Saat konferensi di ajang WWDC, demo tersebut dilakukan dengan memainkan sebuah aplikasi game Zen Garden. terbukti grafis yang ditampilkan jauh lebih sempurna.[iam/timBX]

Tags :

#
Metal
#
iOS 8
#
Tool Grafis
#
3D Graphics API
#
OpenGL
#
iPhone 5
#
iPad Air