MENU
icon label
image label
blacklogo

IBM Kembangkan Teknologi Listrik

NOV 30, -0001@00:00 WIB | 478 Views

Para peneliti dari IBM telah menciptakan sebuah sistem fotovoltaik baru yang sangat mengesankan dan terjangkau yang mampu berkonsentrasi terhadap kekuatan radiasi matahari hingga 2000 kali. Sistem ini juga mampu mengkonversi 80% dari radiasi matahari yang masuk menjadi energi yang berguna.

Kedua kemampuan lainnya mencakup yang dihasilkann dari fotovoltaik ini adalah kemampuan untuk menyediakan air desalinated dan udara dingin. Kedua hal-hal yang bisa didapatkan dengan kehadiran teknologi ini di lokasi terpencil. Teknologi ini dikembangkan oleh beberapa perusahaan lain yang bekerja sama dengan IBM seperti Airlight Energi, ETH Zürich, dan Interstate University of Applied Sciences Buchs NTB.

IBM mengatakan bahwa secara teknis teknologi ini akan mengambil hanya 2% dari energi matahari untuk memasok semua kebutuhan listrik dunia.

Sistem HCPVT (High Concentration Photovoltaic Thermal system) prototipe yang dikembangkan oleh IBM dan perusahaan mitra ini menggunakan parabola besar dan menggunakan cermin sebagai sistem pelacakan matahari. Ketika cahaya matahari diterima kemudian didinginkan melalui microchannel yang menggunakan chip fotovoltaik.

Masing-masing chip dapat mengkonversi tenaga listrik 200-250 W yang diklaim mampu memberikan sumber baru bagi energi dunia.[Ham/timBX]

Tags :

#
IBM
#
sistem fotovoltaik
#
Airlight Energi
#
ETH Zürich
#
Interstate University of Applied Sciences Buchs NTB
#
High Concentration Photovoltaic Thermal system
#
Chip