MENU
icon label
image label
blacklogo

AI Ini Bisa Deteksi Foto Palsu

JUL 02, 2019@16:57 WIB | 209 Views

Di masa yang sudah serba canggih seperti sekarang ini, sangat sulit untuk mengidentifikasi keaslian sebuah foto atau gambar yang beredar di dunia maya. Banyak teknik yang bisa digunakan untuk memanipulasi foto hingga sangat sulit ditentukan keasliannya dengan mata telanjang.

Kini berkat kerjasama antara MIT dan IBM, semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Mereka mengembangkan sebuah alat berbasis artificial intelligence (AI) yang sanggup mendeteksi gambar palsu.

Pada awalnya AI ini dibuat dengan kemampuan untuk menghasilkan gambar foto. Namun di tengah prosesnya, peneliti dikejutkan dengan kemampuan AI yang ternyata mampu mempelajari hubungan antar objek foto.

Sebagai contoh, ia dapat menentukan bahwa sebuah pintu yang berada di langit merupakan sebuah foto palsu hasil manipulasi. Sebab AI ini memiliki pengetahuan sederhana tentang hubungan antar objek, yang ternyata juga sangat berguna mendeteksi gambar palsu.

Alat ini disediakan secara gratis dalam versi demo bagi siapa saja yang tertarik mencobanya. Sayangnya kami belum sempat mencoba seberapa akurat kemampuan AI satu ini.

MIT dan IBM bukan satu-satunya yang menciptakan alat semacam ini. Adobe juga telah menciptakan alat untuk membantu pengguna mendeteksi gambar palsu. Juga Google yang membuat kursus guna memberikan tips menemukan hal-hal palsu di internet. [Hlm/timBX]

Tags :

#
mit,
#
ibm,
#
artificial intelligence,
#
kecerdasan buatan