MENU
icon label
image label
blacklogo

IBM Hadirkan Server Berpengaman Cryptography

AUG 08, 2018@17:37 WIB | 208 Views

(IBM hadirkan LinuxONE, server dengan pengaman Cryptography)

IBM mulai menghadirkan perangkat server LinuxONE di Indonesia. Bukan sekadar server biasa, IBM mengklaim kalau server ini memiliki sistem pengaman paling canggih yang pernah ada. Pasalnya, LinuxONE mengandalkan sistem pengaman cryptography yang terintegrasi langsung dengan perangkat servernya.

(LinuxONE Emperor II mampu menampung memori hingga 32 TB)

Perlu diketahui, sejauh ini baru LinuxONE saja yang menerapkan cryptography pada level hardware. Manager System IBM Indonesia, Tan Wijaya, menjelaskan bahwa hal tersebut memiliki beberapa keunggulan, seperti meminimalisir kebocoran data akibat ulah hacker. Pasalnya, kebanyakan server menggunakan alat tambahan sebagai kunci pengaman cryptography. Hal ini amat rentan serangan siber. Bukan hanya mengandalkan sistem keamanan saja, IBM mengklaim bahwa efisiensi yang ditawarkan LinuxONE sangat signifikan dibandingkan dengan solusi sekelasnya. 

(IBM menggandeng BluePower Technology untuk mendistribusikan perangkat ini)

Di Indonesia, akan hadir dua versi LinuxONE, yaitu Emperor II dan Rockhopper II. Perbedaannya terletak pada jumlah core yang dibawa. Emperor II hadir dengan jumlah maksimal 170 core dengan clock speed 5,2 GHz. Tak hanya itu, server ini juga dapat menampung data hingga 32 TB.

Di sisi lain, Rockhopper II hadir dengan total jumlah inti mencapai 30 core dengan clock speed 4,5 GHz. Server ini dapat menampung memori hingga 8 TB.

(LinuxONE Emperor II mampu diisi 170 inti)

Sejauh ini, kehadiran sistem blockchain mampu menjadikan distribusi data dengan lebih baik. Tak hanya itu, blockchain dinilai lebih aman ketimbang sistem pengaman lainnya. Pasalnya, sistem crypto yang terdapat dalam blockchain tersusun dari algoritma rumit yang terenkripsi dan divalidasi oleh jaringan. [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktech,
#
ibm,
#
linuxone,
#
cryptography,
#
blockchain