MENU
icon label
image label
blacklogo

Hati-hati, Link Video Vulgar Di Facebook Ini Rupanya Malware

JUL 24, 2014@16:40 WIB | 511 Views

Gambar-gambar vulgar memang selalu membuat penasaran para pengguna di situs jejaring sosial. Tapi ironisnya itu kadang menjadi celah bagi para cyber criminal untuk menyisipikan malware-malware berbahaya. Baru-baru ini perusahaan antivirus Bit-Defender, memberikan pengumuman tentang munculnya malware baru yang disinyalir berasal dari Albania.

Malware tersebut disebar melalui Facebook, berupa link yang menyerupai link video dari Youtube. Video tersebut memberi thumbnail gambar seorang wanita yang mengganti pakaian. Tapi bila anda mengklik video tersebut anda akan diarahkan menuju link lain yang meminta anda untuk mengupdate software Adobe Flash anda. Tapi itu sesungguhnya bukan update Adobe Flash melainkan malware yang telah disamarkan. Malware tersebut akan mencuri data-data personal pada komputer anda.

"Scammers telah menciptakan lebih dari 20.000 URL unik yang mengarahkan korban ke situs-situs berbahaya dan memikat dengan video YouTube yang palsu, yang menunjukkan seorang wanita menlepas bajunya di depan webcam," kata kepala strategi keamanan BitDefender Catalin Cosoi.

Video tersebut seolah benar-benar dapat diputar selama beberapa detik yang kemudian muncul pemberitahuan update Flash. Untuk memikat pengunjung, divideo tersebut juga ditambahkan keterangan palsu jumlah viewer yang mencapai jutaan kali.

Menurut tim BitDefender, malware tersebut adalah Trojan.Agent.BDYV. Yang apabila terinstal ke komputer pengguna maka juga akan langsung bekerja pada Firefox atau Chrome. Secara otomatis pula akan melakukan posting dan tagging ke teman-teman pengguna Facebook. Pengguna juga tidak dapat menghapus posting tersebut dari Timeline mereka.[iam/timBX]

Tags :

#
Malware
#
Facebook
#
BitDefender
#
Malware Trojan.Agent.BDYV