MENU
icon label
image label
blacklogo

SeLi praktis tanpa rantai

SEP 04, 2014@17:00 WIB | 1,233 Views

Sepeda Lipat atau biasa disingkat menjadi SeLi adalah alat transportasi yang sempat hits di tanah air, seli sejatinya hanyalah sepeda biasa hanya saja dapt dilipat sehingga memudahkan bagi pengguna untuk membawanya kemana saja. Pada umumnya sepeda ini dilipat dibagian rangka, namun sepeda hasil rancangan Bygen Hank ini menghilangkan fungsi rantai sebagai penggerak dan menggantinya dengan sistem direct drive.

Hal ini berarti memfungsikan pedal sebagai pemberi tenaga langsung pada ban belakang sepeda tersebut, hal ini mirip dengan sepeda Penny Farthing yang acapkali digunakan pada acara sirkus. Hanya saja pedal sepeda Penny Farthing terletak diroda depan sepeda yang memiliki roda depan sangat besar dibandingkan roda belakang. Sepeda garapan Bygen Hank bukanlah sepeda fixie, ia memiliki transmisi hub dengan tiga rasio roda gigi perpindahan.

Posisi pedal yang dibelakang diperpanjang agar sesuai dengan anatomi tubuh pengendaranya, sementara sepeda ini tidak melipat dalam makna sesungguhnya, melainkan rangka depan sepeda digeser masuk kedalam rangka belakang. Rangka yang terbuat dari bahan karbon fiber menjadikan sepeda ini hanya berbobot 7 kilogram saja!, dengan roda 20 inci dan juga desain yang unik sepeda ini akan segera diperkenalkan ke publik dalam acara Eurobike show di Jerman.[dw/timBX]

Tags :

#
SeLi
#
Sepeda Lipat
#
Bygen Hank
#
Penny Farthing
#
Eurobike show