MENU
icon label
image label
blacklogo

NASA Kembangkan Teknologi Prediksi Badai Lewat Satelit Mikro

AUG 24, 2015@20:00 WIB | 1,017 Views

Badai, angin kencang kerap terjadi di musim yang kian tak menentu seperti saat ini, tentu hal yang berat jika kita harus meninggalkan tempat tinggal kita yang sudah lama kita tinggali hanya karena musim yang tak beraturan ini, tapi tentu kita tidak dapat meremehkan bahaya yang mengancam saat bencana ini datang.

Bagaimana caranya untuk mengetahui kapan bencana datang sehingga kita bisa bersiap mengungsi sementara? NASA sedang mengembangkan teknologi untuk memantau aktifitas badai lewar rasi bintang dan satelit yang memungkinkan kita mendeteksi bencana badai jauh sebelum badai itu datang.

Pada dasarnya proyek CYGNSS atau "Cyclone worldwide Navigation Satellite tv for pc System" terdiri dari delapan satelit mikro yang bekerja secara bersamaan untuk mengukur angin laut sekaligus siklus, angin tropis, puting beliung, dan badai. Dengan data ini, ilmuwan dapat membuat prediksi akurat mengenai jalur badai, intensitas, dan tingkat kenaikkan air laut.

NASA meyakni bahwa CYGNSS dan satelit GPS yang mengelilingi bumi dapat menghadirkan update data kecepatan angin tropis sekali setiap satu jam sehingga kita dapat memantaunya. Tentunya bila berhasil teknologi ini akan berguna bagi dunia secara keseluruhan. [leo/timBX]

Tags :

#
NASA
#
CYGNSS
#
satelit GPS
#
Cyclone worldwide Navigation Satellite tv for pc System