MENU
icon label
image label
blacklogo

Ajaib, Printer 3D Ini Lelehkan Pasir Untuk Jadi Bahan Cetak

SEP 29, 2014@17:11 WIB | 1,374 Views

Membuat cetakan 3D printing menggunakan bahan cetak pasir tentu adalah ide yang sulit untuk masuk diakal. Apalagi jika teknologi yang digunkan hanya mengandalkan sinar matahari. Tapi video berikut ini menunjukan hal itu adalah hal yang bisa terwujud.

Pria bernama Markus Kayser bersama rekan-rekannya dari Royal College of Art in London membuat sebuah mesin printer 3D bertenaga surya, dimana mesin printer ini sangat berbeda dari yang pernah ada sebelumnya. Markus menggunakan bahan dari pasir yang dilelehkan untuk membuat bentuk cetak yang diinginkannya. Tidak hanya itu, untuk melelehkan pasir sebagai bahan cetak, Markus menggunakan cahaya matahari yang direfleksikan menggunakan sistem solar panel.

Terlihat dalam video, Markus dan kawan-kawan membawa sebuah mesin cetak berukuran besar ke tengah-tengah gurun pasir. Ini dilakukannya untuk mendapatkan sinar matahari yang maksimal. Perlahan ia mulai menyusun lab untuk ia bekerja. Pencetakan pun dimulai, terlihat butir-butir pasir mulai meleleh oleh sinar matahari yang dipusatkan ke satu titik.

Mungkin menyerupai permainan masa kecil, menggunakan kaca pembesar untuk membakar daun-daun kering, namun kali ini Markus menggunakan kaca refleksi yang lebih besar sehingga menghasilkan energi panas yang lebih besar pula. Mesin cetak pun bergerak mengikuti pola yang telah ditentukan. Tak lama kemudian cetakan pun terbentuk, dan menghasilkan bentuk yang terlihat sangat artistik.[iam/timBX]

Berikut Cuplikan Videonya :

<iframe width="560" height="315" src="//www.youtube.com/embed/ptUj8JRAYu8" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Tags :

#
Prnter 3D
#
3D Printer
#
Markus Kayser
#
Solar Printer 3D