MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Honda Megapro Supermoto

AUG 20, 2015@12:00 WIB | 52,748 Views

Honda Megapro merupakan kendaraan yang asik untuk dimodifikasi. Seperti yang dilakukan oleh Ferdhy, pemilik Megapro tahun 2012 ini. Sebagai anak komunitas motor yang kerap melakukan perjalanan touring jarak jauh, Ia  enggan memodifikasi kuda besi miliknya terlalu ekstrim. Dan pilihanpun jatuh pada aliran modifikasi Supermoto.

Tunggangan bergaya supermoto memiliki ground clearance yang  cukup tinggi, cocok bagi Ferdhy yang memiliki postur tubuh lumayan jangkung. Selain itu, riding position motor ini juga tidak membuatnya cepat lelah ketika menjalani turing arak jauh.


Ubahan pertama yang dilakukan tentunya adalah penggantian kaki-kaki bawaan pabrik dengan spareparts khas supermoto. Suspensi bagian depan diganti menggunakan upside down buatan Thailand, kemudian subtitusi suspensi belakang menjadi monoshock. Tidak hanya sampai situ, jarak sumbu roda bertambah panjang berkat penggunaan swing arm custom.

 
Perbedaan mencolok pada motor beraliran supermoto dan motorcross terletak pada bagian si "karet bundar". Supermoto menggunakan ban untuk penggunaan aspal, sedangkan motorcross menggunakan ban pacul atau biasa disebut ban tahu. Ferdhy memilih kombinasi ban Michelin untuk bagian depan dan Dunlop pada bagian belakang, keduanya menggunakan velg TK bewarna silver.

Usai bermain urusan kaki-kaki, fokusnya kini beralih ke sektor bodi motor. Tidak tanggung-tanggung, ia mengadopsi keseluruhan bodi milik Kawasaki KLX 150 ke motornya setelah rangka custom khusus motor trail selesai dibuat. Tangki besar khas Megapro kini menjadi tangki motor trail yang imut-imut.

Sayangnya, Ferdhy tidak menyentuh mesin. Hal ini bertujuan agar tidak merepotkan dirinya ketika melakukan touring jarak jauh dengan komunitas Black Motor Community (BMC). Kini Ferdhy semakin percaya diri bepergian menggunakan motor kesayangannya tersebut. [dw/timBX]

Spesifikasi :

Motor : Honda Megapro 2012
Konsep modifikasi : Supermoto
Mesin : Honda Megapro
Ban / velg : Ban Michelin 120/50 (depan), Dunlop 160/70 (belakang), Velg TK
Suspensi : Upside down Thailand dan swing arm custom
Knalpot : Custom
Variasi : Footstep, setang, tail light, sein, handle brake and kopling custom
Tangki : Kawasaki KLX 150

Tags :

#
Modifikasi Honda Megapro Supermoto
#
Modifikasi Honda Megapro
#
Honda Megapro Supermoto
#
Honda Megapro
#
Honda
#
Motor Honda Modifikasi
#
Modifikasi