MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Drive Mazda2 GT Cantik Bertabur Fitur

JUN 26, 2015@13:01 WIB | 10,053 Views

Ketika melihat Mazda2 terbaru pertama kali yang muncul di Geneva Motor Show 2014, maka bayang-bayang Mazda2 sebelumnya seketika sirna. Tak ada lagi sedikit pun paras Mazda2 terdahulu muncul di generasi keempat ini. All changed completely!

Mazda memang sudah sepatutnya melakukan langkah break through pada Mazda2 untuk bisa bersaing kuat dengan Honda Jazz dan Toyota Yaris. Terlebih lagi di tahun yang sama kompetitornya juga bersolek dengan sederet tambahan fitur baru.

Dibanding model yang lahir pada 2007 silam, Mazda2 terbaru kini punya desain jauh lebih cantik. Menggunakan varian platform Mazda CX-5, sedikit banyak ada unsur CX-5 yang dimuat pada compact hatchback yang punya nama lain Mazda Demio itu. Paling kental yakni di bagian front facia, ketika gril, lampu utama, dan tarikan sudut kap mesin menyerupai CX-5.

Bumper depan, siluet bodi, sampai bagian belakang kini juga dibuat dengan lekuk-lekuk yang lebih dinamis. Mazda yang selama ini kuat dengan tema stylish juga memberikan nuansa serupa di Mazda2 terbaru. Keindahan lekuk tubuh eksterior disempurnakan dengan layout dashboard minimalis namun fungsional dan jok yang dilapis bahan fabrik dengan aksen garis merah.

Ketika bonet dibuka, disitu Mazda2 terbaru menyimpan mesin 1.5-liter 4 silinder SKYACTIV dengan tenaga yang mampu menorehkan 115 hp dengan torsi 148 Nm. Dibanding generasi sebelumnya pemakaian teknologi SKYACTIV jelas memberikan pengaruh yang besar. Tenaga terasa sejak putaran bawah menengah, dan ini penting untuk mobil dengan aktifitas lebih banyak di perkotaan, ketika kondisi stop and go lebih sering di jumpai daripada cruising pada kecepatan tertentu di waktu yang relatif lama.

Pengendaliannya juga masih sama menyenangkan walau suspensi kami rasakan lebih keras dibanding kompetitor. Kenikmatan berkendara yang lebih agresif bisa dicipta melalui pilihan mode berkendara SPORT, atau via transmisi manual shiftronic maupun melalui sentuhan ujung jari menggunakan paddle shift yang bersembunyi di balik setir. Dan disini dengan SKYACTIV-CHASSIS, Mazda2 terbaru kembali membuktikan kebolehannya ketika kami ajak bermanuver cukup ekstrim di kecepatan cukup tinggi, namun tak kehilangan kontrol berlebihan.

Well...Agar bisa lebih bertaji, Mazda2 terbaru pun punya banyak fitur yang dapat dibanggakan. Paling menonjol yakni adanya monitor layar sentuh di tengah-tengah dashboard yang seakan berdiri tunggal. Layar ini menjadi pusat entertainment dari berbagai sumber seperti Radio, CD/DVD, Bluetooth, USB, dan AUX-In, sekaligus sebagai layar petunjuk navigasi. Layar ini pun dapat diakses melalui tombol lingkaran di konsol tengah, mirip dengan akses sumber entertainment ala mobil-mobil high class. Dan ini tak ada di kompetitornya.

Selain itu Mazda2 terbaru juga punya head-up display berupa layar transparan yang muncul motorik dari punggung dashboard. Letaknya tepat segaris dengan mata pengemudi sehingga tak perlu menoleh untuk mengetahui informasi berkaitan dengan kecepatan mobil. And again... cuma Mazda2 yang mengaplikasikan fitur yang terinspirasi dari kokpit pesawat itu di kelasnya.

Fitur lain yang menjadi nilai lebih yakni keberadaan i-STOP yang memungkinkan engine off dalam waktu lebih kurang 20 detik ketika mobil berhenti misalnya pada keadaan macet. Tersedia juga Start/Stop Engine button, voice command, traction control, rear camera, smart city brake, dll... [Pra/timBX]

Spesifikasi
Mesin : 1.5-liter SKYACTIV-G, DOHC, Dual Sequential Valve Timing, Electronic Throttle Control
Kapasitas : 1.496 cc
Sistem Pasokan Bahan Bakar : fuel injection
Bore x Stroke : 74.5 x 85.8 mm
Kompresi Bahan Bakar : 13,0 : 1
Tenaga Maksimum : 115 hp / 6.000 rpm
Torsi Maksimum : 141 Nm / 4.000 rpm
Transmisi : 6-Speed otomatis SKYACTIV-DRIVE
Sistem Penggerak Roda : front wheel drive
Bahan Bakar : gasoline
Kapasitas Tangki : 44 liter
Panjang : 4.060 mm
Lebar : 1.695 mm
Tinggi : 1.495 mm
Sumbu Roda : 2.570 mm
Ground Clearance : 152 mm
Suspensi Depan : SKYACTIV-CHASSIS Independen MacPherson strut
Suspensi Belakang : SKYACTIV-CHASSIS Torsion Beam
Ban Depan : 185/60 R16
Ban Belakang : 185/60 R16
Fitur Lain : Daytime running light, ABS, EBD, Emergency Brake Assist, Dynamic Stability Control, Traction Control, Emergency Stop Signal, Hill Launch Assist, Blind Spot Monitoring, Smart City Brake, Dual SRS Airbag, ISOFIX, Immobilizer, Rear Parking Camera
Harga : Rp 280,8 juta on the road Jakarta

Tags :

#
closer look automotive
#
automotive
#
mazda2 gt
#
mazda2
#
mazda
#
test drive mazda2 gt
#
spesifikasi dan harga mazda2 gt