MENU
icon label
image label
blacklogo

All-New Ford EcoSport, Mumpuni Dikendarai di Dalam dan Luar Kota

SEP 05, 2014@17:22 WIB | 31,458 Views

Ford Motor Indonesia (FMI) kembali mendatangkan satu produk global ke tanah air beberapa waktu lalu, yakni All-New Ford EcoSport. Mobil kompak ini menjadi andalan baru FMI disamping produk lainnya yang telah lebih dulu meyebar dipasar Indonesia. All-New Ford EcoSport tampil dengan wujud SUV yang menyasar kepada konsumen dengan gaya hidup urban yang tidak hanya menjalani hidup sepenuhnya, tetapi juga suka menjelajahi dunia sebebasnya.

Belum lama ini blackxperience.com beserta rekan-rekan media lain asal Jakarta diundang oleh FMI untuk merasakan langsung SUV tersebut dengan meyusuri beberapa jalan di kota Padang. Nah kali ini blackxperience.com kembali mengangkat All-New Ford EcoSport dengan formasi lengkap yang terdiri dari tim video, dan foto dan dengan begitu anda bisa merasa lebih dekat dengan EcoSport meski tidak bersentuhan secara langsung.

FMI menawarkan EcoSport dengan 5 model, nah model yang kami uji kali ini adalah All-New Ford EcoSport Titanium 1,5L AT. Untuk menguji EcoSport, tim blackxperience.com berencana mengajaknya ke kawasan Puncak, Bogor, daerah tersebut sengaja tim pilih karena untuk menuju Kawasan Puncak tim akan melewati beragam medan jalan mulai dari titik keberangkatan hingga sampai dilokasi yang tim tuju.

Sebelum memulai perjalanan, tim lebih dulu menatap tampang luar dari mobil seharga Rp 249 juta ini. Desain gril depan yang berbalut krom seakan memberikan isyarat mewah pada mobil ini, selain itu desain tersebut mengingatkan kita kepada Ford Fiesta terbaru. Kap mesin lebar ditambah lekukan dibagian samping yang berfungsi untuk mengarahkan angin atau udara agar menyebar kearah samping supaya halus menabrak kaca depan. Lampu depan dan lampu kabut tampil modren.

Memperkuat karakter SUV pada mobil CBU ini, Ford memasangkan roof track silver. Sementara itu guna menghadirkan nuansa adventure, bagian belakang EcoSport telah dipasang alat pengait ban cadangan yang sudah dilengkapi dengan pembungkus agar terlihat lebih rapih. Velg ukuran 16 inci menjadi andalan Ford untuk memperkuat karakter dari mobil tersebut, namun sangat disayangkan Ford lebih memilih desain velg dengan 4 baut padahal bila 5 baut ada banyak pilihan velg SUV yang bisa dipasangkan ke Ecosport ini.

Puas memandang bagian paling luar EcoSport, kini saatnya untuk memulai perjalanan menuju Gunung Mas. Masuk kedalam kendaraan suasana kabin terasa lega, apalagi ketika salah satu dari kami yang memiliki tinggi badan kurang lebih 180 cm merasa nyaman duduk dibangku baris kedua karena mendapati ruang kaki yang cukup luas. Sementara itu penumpang yang duduk di bangku baris pertama tidak kalah nyaman terutama di bangku pengemudi. Jok berlapis kulit ditambah dengan sejumlah tombol untuk mengatur posisi duduk si pengemudi serta posisi mengemudi yang tinggi menambah rasa percaya diri dalam mengemudikan mobil.

Untuk menuju puncak, kendaraan kami arahkan ke jalan bebas hambatan. Karakter aspal yang bergelombang tak mengurangi rasa nyaman kami didalam kabin apalagi saat itu kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi. Agar suasana tidak terasa membosankan, kami pun menyalakan radio dari sebuah head unit yang sudah menyatu dengan dashboard, tak lupa kami pun mencoba fitur canggih yang menjadi unggulan Ford saat ini yaitu Ford Sync. Dengan adanya Sync si pengemudi tidak perlu melepas tangan dari lingkar kemudi untuk menjawab atau memanggil telepon begitu juga untuk memutar lagu pilihan.

Memasuki jalan raya puncak, kendaraan terpaksa harus banyak berhenti karena lalu lintas saat itu ramai dan macet. Beruntung Ecosport telah dilengkapi dengan fitur Hill Launch Assist yang bekerja secara otomatis. Fitur tersebut akan menahan kendaraan selama tiga detik saat pengemudi memindahkan kaki dari rem ke ke pedal gas saat berada dijalan menanjak. Ditengah-tengah kemacetan air hujan menyambut datangnya kami ke puncak, berkat adanya fitur rain sensing wiper yang membaca kepekatan hujan dan bekerja secara otomatis maka si pengemudi tak perlu lagi megarahkan jarinya untuk menggeser tuas wiper.

Memasuki wilayah Gunung Mas, karakter jalan berubah total, kini kami dihadapkan dengan jalan berbatu dan tanah. Berkat suspensi telescopic double acting goncangan di dalam kabin tidak terlalu keras. Berhubung udara saat itu sangat sejuk maka semua kaca jendela mobil termasuk sunroof dibuka.

Selama bergerak dari Jakarta ke Puncak, Bogor EcoSport ini telah dibekali oleh mesin 4 Cylinder 1.5L Ti-VCT yang menurut data pabrikan bisa meyemburkan tenaga sekuat 110 PS. Sedikit catatan kami mengenai mesin, menurut kami sangat sesuai untuk daerah perkotaan. Tetapi tidak menutup kemungkinan karakter mesin tersebut mampu untuk bertualang menyusuri medan menengah. Soal tenaga relatif lebih baik dari pada mesin Ford Fiesta, meskipun sebenarnya basic mesinnya sama.

Mesin Ford Ecosport memiliki karakter sedikit lambat diputaran bawah, namun diputaran sedang cukup bertenaga. Mesin cukup sulit untuk meraih kecepatan atau akselerasi maksimal di RPM rendah, ketika kecepatan diangka 60 Km/jam, tak terasa speedometer telah bergeser ke angka 100 Km/jam. Dan putaran mesin semakin tinggi dari 100 hingga 120 Km/jam, dengan mudah bisa kami capai.

Kami juga mendapati catatan mesin, kala menghadapi kepadatan lalin di wilayah Puncak, Bogor dan di kawasan perkebunan teh, Gunung Mas. Tanpa perlu memindahkan transmisi ke mode Sport atau S, Ecosport mampu melahap track aspal menanjak serta dikombinasi bercampur bebatuan saat di Gunung Mas.

Secara keseluruhan Ford Ecosport merupakan SUV urban yang sangat cocok untuk kaum urban. Model stylish, mesin pun tangguh di medan menengah, namun diperlukan penyesuaian tipikal ban yang tentunya bisa mendukung kebutuhan berkendara Anda. [san/nus/timBX]

Spesifikasi All-New Ford EcoSport Titanium

Mesin : 4 Cylinder 1.5L Ti-VCT.
Transmisi : 6-speed PowerShift.
Tenaga Maksimal : 110 PS / 6.050 rpm.
Torsi : 142 Nm / 4.500 rpm.
Tinggi : 1.708 mm.
Panjang : 4.245 mm.
Lebar : 2.054 mm.
Jarak Roda : 2.521 mm.
Suspensi : Telescopic Double Acting, Hydraulic.
Fitur lainnya : Air Conditioner, Auto headlamps, Front Fog Lamps, Push Start Button, Rain Sensing Wiper, Remote Keyless entry, Roof Rack, SYNC (with Voice control), Steering wheel audio controls, Under Seat Storage Box, Sunroof button, Parking Sensor, Hill Launch Assist, Airbags, Anti-lock Braking, Electronic Stability Program, dan sebagainya.

Tags :

#
all-new ford ecosport
#
pt. ford motor indonesia
#
ford ecosport
#
ford fiesta
#
closerlook automotive
#
all-new ford ecosport titanium

RELATED ARTICLE