MENU
icon label
image label
blacklogo

Duel Dua Aplikasi Untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Android

APR 24, 2013@13:45 WIB | 2,327 Views

Haloo Gadget Mania!, kaliinikitaakanmembahasduaaplikasi yang memilikifungsitidakjauhberbedatapidatangdengankarakteristiktersendiri. Dari software antivirus keaplikasiuntukmengukurdayatahansebuahperangkat Android. Itulahhal yang dilakukanoleh AVG TuneUpdari AVG dan Power TuneUpdariBitdefender yang meskiserupatetaptampildenganfitur yang berbeda. AVG TuneUpdatangdenganmenawarkandesain yang berbedadariaplikasiini. Setelahselesaimenunduhdari Google Play, AVG TuneUpakanmenawarkansebuahnotifikasikepadapenggunanyaapakahakanmengaktifkanfiturpenghematdayatahanbaterai. Jikapenggunatidakinginmenggunakannya, makabisamencentangdibagiannotifikasi.


Masukketampilanberikutnya AVG TuneUpmenawarkanbeberapa menu seperti Task Killer, Battery Consumption, Data Usage dan Storage Usage. Empat menu inimenawarkanhasil yang berbedauntukmeningkatkanperangkat Android Anda.  Battery Consumption misalnyamemberikankesempatanpadapenggunasepertiseberapabesardayatahanbaterai yang tersisauntukmenikmatiberagamkontendariperangkat Android sepertimemainkan music dan video hingga browsing melaluipaket data.


Dari menu data Usage bisaterlihatseberapabesarkoneksi data yang terpakaisaatkitamenggunakanaplikasitertentu. JikaAndahanyamenggunakankoneksiWi-Fimaka AVG TuneUptidakakanmampumendeteksinya.


Dari menu Storage Usage pengguna Android bisamelihatseberapabesar Cache yang ditingglkanolehberagamaplikasi yang adadi Android. Hal inimenjadipengingat, jikamemangsebuahaplikasitidakdigunakan, makaakanlebihbaikpenggunamematikanaplikasitersebutdengancara manual seperti Clear Cache atau Clear Data. Tujuannyaadalahmemori internal yang dibenamkandalamperangkat Android bisabernapaslebihlega, danmembuatAndanyamanmenggunakanperangkat Android.


Sementaraaplikasilainnyaadalah Power TuneUp yang menyediakanfitur yang kuranglebihsamadengan AVG TuneUpsebagaipenghematdayatahanbateraidanmemaksimalkanperangkat Android. Power TuneUpmenyediakanempat menu yaitu Battery Saver, Clean Up danjuga data meter. BagiAnda yang inginmenggunakan mobile security dariBitdefenderAndabisamendapatkannyalangsungdariPowerTuneUp, tapiharusmelalui Google Play terlebihdahulu.


Pada menu Battery Saver Power TunUpmenawarkankostumisasi yang bisadiubahsesuaidengankeinginanpenggunanya. Battery Saver pada Power TuneUpmenyediakanfitur yang beragampula yang memberitahukanpadapenggunatentangkondisidayaperangkat Android milikmereka.


Clean Up dari Power TuneUpterlihatlebihbaik, karenalangsungmenawarkanjenis-jenisfitur yang membuatperangkat Android bekerjasecaramaksimal. Hal initerlihatdaridua menu awal yang bisa‘dibersihkan’yaituaplikasiatau data yang tersimpandi SD Card atauaplikasi yang tersimpandi Device Storage.


Data meter pada Power TuneUp hamper berfungsisepertisamadengan menu data usage pada AVG TuneUpdimanapenggunabisamelihatseberapabesarkoneksi data yang terpakaisaatkitamenggunakanaplikasitertentuatauaplikasi yang sedangdimainkan. Hal initentusajamenjadipengingatkepadapengguna, sudahseberapabesarmerekamenggunakan data padaperangkat Android milikmereka.


Meskimemiliki menu danfitur yang terlihatsama, tapiadaperbedaandarimasing-masingaplikasi. AVG TuneUpmemiliki menu Task Killer dimana, penggunadiberikanpilihanuntukmenguninstallsebuahaplikasijikadirasaaplikasitersebutsudahtidakdiperlukanlagiataumemilikiukuran yang terlalubesarsehinggamemperlambatproseskerjaperangkat Android.


Keseluruhan, aplikasi Power Tune Up lebihungguldari AVG TuneUp. Misalnyadarisisidesaindan User Interface PowerTuneUpdanfitur-fiturmenariklainnya yang membahas detail tentangapa yang harusdilakukanolehpengguna Android agar memaksimalkanperangkatnya.


DuaaplikasiinibisamenjadialternatifbagiAnda yang inginmenjagaperangkat Android lebihbaikdantahan lama. Keduaaplikasiinibisadidapatkansecara gratis di Google Play , bagi yang inginmenggunkanan AVG TuneUpbisamendapatkanaplikasidenganmenggunakan Android 2.1, sementara Power TuneUpbisamendapatkanaplikasiinidimulaidenganmenggunakan Android 2.2. Aplikasimana yang menjadipilihan gadget mania?. [Ham/timBX]

Tags :

#
Review
#
BX Closer Look Gadget
#
Software
#
Aplikasi
#
AVG
#
AVG TuneUp
#
Power TuneUp
#
Bitdefender
#
Google Play