MENU
icon label
image label
blacklogo

Sisir Jalur Alternatif Desa Cugenang, Gerakan BMC Pray 4 Cianjur Sukses Didistribusikan

DEC 01, 2022@12:22 WIB | 188 Views

Black Motor Community dengan payung besar Black Motor Indonesia bergerak senyap untuk musibah Gempa Bumi di Cianjur 5,6 skala richter pada 21 November 2022 lalu.  Seperti biasa jika ada Musibah ditanah air entah itu Tsunami, Banjir Bandang, Gempa Bumi BMC Indonesia selalu mengadakan aksi penggalangan dana baik dari internal BMC maupun external. 

Gempa tersebut berlangsung siang hari pukul 13.20 yang meluluh lantakan ribuan rumah tinggal, rumah ibadah, sarana pendidikan serta memakan ratusan korban jiwa dan korban luka. 

"Selang 3 jam setelah kejadian, saya langsung berkordinasi dengan rekan BMC Cianjur Bro Ibin untuk penggalangan dana. Esoknya selasai dengan dana yg masuk (sementara) saya berkordinasi dengan bro Zulkifli dari BMC Bandung bekerja sama dengan BMC Cianjur utk membelanjakan serta mendistribusikan bentuan sembako sekitar 10 paket sembako," ungkap Bro Rizal Dewas BMC Depok sekaligus penggerak charity Black Motor Indonesia Pray 4 Cianjur.

Kemudian setelah penggalangan donasi tahap ke 2 kami dengan membawa 50 paket sembako dan 4 dus pakaian layak pakai. Eksekusi charity tahap ke dua tersebut dengan membawa logistik dan pakaian meluncur ke lokasi bencana yaitu desa Cugenang, Cianjur. Pada 26 November tim berangkat ke lokasi, sekitar pukul 11.00, perjalanan melalui jalur alternatif dilanjutkan. Kondisi medannya lumayan ekstrim karena jalur di Tapal Kuda tertutup longsor dan jembatan terputus.

Setibanya di posko BMC Indonesia pukul 04.30 subuh pada 27 November, tiga rider BMC dan mobil logistik pun beristirahat.

"Menjelang pukul 07.00 WIB, kami packing atau memilah milah pakaian layak pakai yang kami bawa. Selesai packing sekitar pukul 09.30 kami bersama komunitas Perkumpulan Ambulance dari Karawang dan Subang bersiap ketitik sasaran distribusi yaitu satu desa di atas bukit yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam karena medan yang sangat sulit jalan becek dan licin. Ditambah kiri kanannya jurang," ungkap bro Rizal ke tim Blackxperience.com. 

Tiba dilokasi sekitar jam 11.30 kami tiba disana terpampang didepan mata yang membuat kami dan tim merasa miris, sedih dan prihatin melihat ratusan rumah warga disana yang hancur rata dengan tanah. 

"Usai pendistribusian saya coba lakukan sedikit wawancara dengan warga yang jadi kordinator korban gempa. Dari situ saya 
mendapatkan informasi ada 5 korban jiwa yang tertimbun bangunan," tambah bro Rizal menceritakan kondisi di desa Cugenang.


 
Hari itu ada 7 titik lokasi yang didatangi dan memberi sedikit bantuan untuk mereka. Tim Black Motor Indonesia  pun kembali ke posko utama jam 16.30 di iringi gerimis yang tiada henti.  

Dalam perjalanan hampir saja musibah menimpa mobil yang saya tumpangi nyaris celaka karena licinnya jalan akibat hujan dan tanjakan yg sangat curam.

Pukul 18.30 kami pun tiba diposko utama. Usai sudah misi hari pertama kami. Namun menjelang kami mau sholat magrib terjadi guncangan gempa yang lumayan membuat kami cemas. Ini yang membuat kami harus tidur diluar. Ada yang dimobil dan yang lain diwarung depan posko. 

Esok paginya 28 November, tim Black Motor Community Depok prepare untuk distribusi ke titik lokasi yang lain ke daerah yang tidak jauh dari pusat kota Cianjur dimana ada rekan kami sis Riska yang rumahnya rusak parah.

"Ditengah hujan deras sore kami kembali ke posko utama. Rencana awal kami akan pulang  Selasa subuh. Tapi ada instruksi dari basarnas Karawang agar semua tim relawan agar kembali pulang karena intensitas gempa yang masih terjadi seperti saat magrib terjadi lagi  gempa berskala 4.6 Ritcher," ungkap Bro Rizal. 

Akhirnya kami dan tim pulang jam 11.00 malam. Demikian perjalanan misi Black Motor Indonesia ke Lokasi Gempa Cianjur. Semoga lelah kami menjadi Lillah. Dan sedikit bantuan dari rekan-rekan BMC Indonesia membantu mengurangi beban mereka. 

Gerakan Pray 4 Cianjur ini didukung oleh 18 Chapter dari Black Motor Indonesia. Sebut saja BMC DEPOK, BMC JAKBAR
, BMC JAKTIM, BMC TANGERANG, BMC BANTEN, BMC KARAWANG, BMC SUKABUMI, BMC SITUBONDO, BMC BOJONEGORO, BMC DUMAI, BMC P. SIANTAR, BMC PEKANBARU, BMC PALU ,BMC MAKASSAR, BMC BANKOT, BMC CIANJUR, BMC SEMARANG dan BMC PALEMBANG. 

Tags :

#
gempa cianjur,
#
black motor community,
#
desa cugenang,
#
black motor indonesia