MENU
icon label
image label
blacklogo

Tomi Gunawan: Tomi Airbrush

JAN 25, 2017@14:12 WIB | 2,064 Views

Kreasi Modifikasi Hasil Karya Anak Bangsa

Dunia otomotif memang selalu menjanjikan hal yang menarik bagi para pencintanya. Terlebih di bidang  modifikasi, sering kali kita melihat kendaraan-kendaraan biasa disulap menjadi kendaraan luar biasa yang kadang tak masuk di akal kita.

Tomi Gunawan, merupakan salah satu modifikator ternama di Indonesia yang telah membawa pulang sederet penghargaan pada kompetisi modifikasi. Tak puas dengan itu, pria yang akrab disapa Tomi ini juga ingin mengharumkan nama Indonesia lewat hasil karyanya.

Semua bermula di tahun 1995, Tomi yang saat itu memilik hobi menggambar dan melukis diminta oleh temannya untuk mengecat sebuah helm. Tomi-pun dengan senang hati menerima permintaan tersebut. Berbekalkan cat pylox, Tomi segera mengerjakan helm pesanan temannya. Tak disangka, hasil karyanya itu disukai, khususnya bagi si pemilik helm. Walaupun hanya dihargai sekitar Rp5000, Tomi mengaku senang karena karyanya telah diapresiasi dan diakui.

Sejak itu, pesanan untuk pengecatan helm bertambah. Masuk di tahun 1999, Tomi mulai mengerjakan pengecatan untuk sepeda motor. Motor-motor hasil garapannya-pun juga diikut sertakan dalam berbagai kompetisi dan pameran. Barulah di tahun 2003 Tomi dengan bengkelnya Tomi Airbrush mulai mengerjakan pengecatan untuk mobil.

Tomi kini tidak lagi hanya melakukan pengerjaan untuk airbrush, ia juga menerima pengerjaan modifikasi untuk bagian interior dan eksterior mobil. Tomi sendiri menyukai modifikasi dengan gaya yang sporty, namun untuk kepuasan pelanggan, Tomi menerima segala permintaan kustom.  Mulai dari elegant, ekstrim dan sebagainya diterima oleh Tomi dengan tambahan panduan yang disesuaikan dengan kendaraan yang dibawa customer.

Untuk mendapatkan inspirasi dari setiap modifikasinya, Tomi kerap melihat-lihat contoh di internet. Hal ini ia rasa mudah, tidak seperti di awal ia meniti karir di dunia modifikasi. Ia harus melihat contoh model modifikasi di majalah yang berasal dari luar negeri. Kemajuan teknologi mengatasi masalah tersebut dan memberikan kemudahan. Namun biar begitu, Tomi tidak memanfaatkan kemudahan ini untuk menjiplak hasil karya orang, Tomi bahkan lebih sering menciptakan sendiri tren modifikasi pada setiap mobil atau motor garapannya.

Dalam setiap proses modifikasi, yang pertama Tomi tawarkan kepada customer ialah konsep apa yang akan digunakan. Apakah itu bergaya racing, sporty, ekstrim, elegant atau yang lain. Setelah konsep dipilih, maka Tomi akan mencocokan konsep tersebut ke pembangunan body kit atau kaki-kaki mobil. Untuk pemilihan warna sendiri, Tomi terlebih dahulu akan mendiskusikannya kepada customer, warna apa yang disukai dan apakah cocok dengan konsep yang dibentuk sejak awal.

Selanjutnya proses memasuki tahap pembuatan sample, jika customer cocok dengan sample yang sudah dibuat maka proses berlanjut ke tahap air brushing. Tomi menuturkan untuk tahap finishing ia serahkan sepenuhnya pada tim dan tidak melibatkan customer kembali. Hal ini ditujukan agar hasil yang dicapai dapat lebih maksimal. Setelah selesai, barulah tahap final check yang kembali dilakukan oleh customer.

Hambatan memang akan selalu ada di dalam setiap usaha atau pekerjaan. Permintaan pelanggan yang kian detail kadang dirasa sulit untuk dilakukan. Namun Tomi yakin, ia dan timnya mampu menyelesaikan semua permintaan customer dengan baik. Itulah yang membuatnya tetap berjaya dan lebih disukai pelanggan hingga sekarang.

Berbicara soal kreatif, Tomi juga mengungkapkan apa arti kreatif menurut dirinya.“Kreatif menurut saya adalah suatu ide yang murni, yang berasal dari kreativitas kita sendiri untuk nantinya dituangkan dalam suatu karya.” Tutur pria yang berdomisili di Sunter ini.

Sudah segudang prestasi yang dikantongi oleh pria pemilik bengkel Tomi Airbrush yang terletak di bilangan Jakarta Barat ini. Ia dan kendaraan garapannya sudah berlalu lalang di berbagai kompetisi sejak tahun 1999. Namun yang lebih membuatnya bangga adalah ketika hasil karyanya dihargai dan diapresiasi oleh banyak orang, khususnya ketika ia bisa bekerja sama dengan pihak dari luar negeri seperti tim balap dan lain-lainnya. Ini membuktikan bahwa karya anak bangsa juga bisa berguna di kancah internasional.

Untuk itu Tomi selalu menekankan kepada anak muda  untuk terus berkreasi dan mengasah kreativitas yang sudah kita miliki dari lahir, “Mari sama-sama kita berkreasi, hasilkan karya-karya murni khas bangsa Indonesia. Ayo tunjukkan pada dunia bahwa kita bisa!” ujarnya dengan semangat yang bergelora.

Tomi memang sangat peduli tentang potensi generasi muda yang dapat mengharumkan nama Indonesia. Tomi sendiri mengizinkan bagi siapapun yang memiliki semangat untuk bergerak maju khususnya di bidang modifikasi untuk belajar di bengkel Tomi Airbrush. Ia bahkan memiliki program training selama 6 bulan bagi anak-anak muda yang ingin belajar di tempatnya. Hal ini jelas membuktikan, bahwa masih ada insan-insan yang peduli akan kemajuan bangsa ini. Tak hanya di bidang formal seperti pendidikan tapi juga melalui bidang apapun, seperti bidang modifikasi yang dilakukan oleh Tomi. [Clo/timBX]

Tags :

#
tomi airbrush],
#
modifikasi tomi airbrush,
#
modifikasi airbrush,
#
airbrush,
#
modifikasi,
#
modifikasi mobil,
#
modifikasi motor,
#
blackicon