MENU
icon label
image label
blacklogo

Sabrina Sameh, Implementasi Kesetaraan di Atas Lintasan

MAY 07, 2018@14:00 WIB | 1,562 Views

Emansipasi wanita menjadi isu utama yang diperjuangkan oleh sosok RA Kartini. Berkat perjuangannya, kini para perempuan Indonesia telah dapat merasakan kesetaraan derajat yang dahulu begitu diimpikan.

Kesetaraan gender ini, tak terkecuali, juga telah dirasakan di dunia balap motor Indonesia. Keterlibatan langsung perempuan di arena balap bukan lagi menjadi hal yang asing. Sabrina Sameh menjadi salah satu perempuan Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa melalui ajang balap, bahkan hingga ke mancanegara.

Di sela-sela kesibukannya, tim BlackXperience berkesempatan untuk bersua dengan dara cantik kelahiran 23 tahun silam. Bercerita mulai dari debutnya di dunia balap, hingga pesan pentingnya bagi para pembalap perempuan yang ingin terjun memulai karir.

Inspirasi dari Ibunda

Ketertarikan Sabrina terhadap dunia balap tak lepas dari darah balap yang telah mengalir dalam dirinya. Sosok ibunda yang begitu menggemari roda dua, menjadi inspirasi bagi Sabrina untuk mengikuti langkah serupa.

“Awal tertarik dengan dunia balap dari keluarga. Karena mama juga suka motor, jadi kayak udah mendarah daging, jadi mau gak mau terjun juga di dunia motor,” cerita Sabrina saat ditemui tim BlackXperience.com.

Diakui oleh Sabrina, sosok ibunda menjadi panutan sekaligus idola baginya. Menurutnya, sosok ibunda begitu menginspirasi dan menjadi sosok yang selalu memberikan dukungan. Maka tak heran jika Sabrina sama sekali tak ragu saat memutuskan meniti karir di bidang balap roda dua.

Ditekuni dengan sepenuh hati, membuat beragam prestasi datang silih berganti. Sabrina menjadi salah satu pebalap perempuan Indonesia yang begitu disegani. Sejumlah prestasi mulai dari lokal hingga mancanegara pernah ia cicipi.

 Salah satu prestasi yang paling berkesan menurut Sabrina adalah saat menjadi juara tingkat Asia di Thailand. Pasalnya saat itu Sabrina menjadi satu-satunya pembalap perempuan di ajang tersebut. Luar biasa bukan?

Attitude is important

Pembalap perempuan yang begitu mengidolai sosok Valentino Rossi ini pun sempat menyampaikan pandangannya mengenai keterlibatan perempuan di dunia balap.

“Untuk di tahun 2018, (perempuan yang terlibat di dunia balap) sudah lumayan banyak gak kayak tahun-tahun kemarin yang sepi. Jadi ya udah lumayan bagus ya,” tutur Sabrina.

Dapat ditarik kesimpulan, keterlibatan perempuan di ranah yang identik dengan kaum adam ini sudah lumayan mendapat pengakuan. Terbukti dari penuturan Sabrina, semakin banyaknya para pebalap wanita yang ikut turun di beragam arena balap.

Selain itu, Sabrina juga menyelipkan sedikit pesan bagi perempuan yang ingin terjun ke dunia balap. Menurutnya attitude menjadi hal utama yang mesti diperhatikan. “Misalnya skill masih kurang, itu dengan berjalannya waktu bisa belajar. Kalau misal kita memiliki niat dan attitude yang baik, pasti orang yang ngajarin juga akan semangat,” jelas Sabrina.

Tentunya saran dari Sabrina ini sebenarnya layak untuk diterapkan di semua lini aspek kehidupan. Sebab ada pepatah yang menyebutkan, attitude is a little thing that makes a big difference.

                                                                              ---

Perjuangan RA Kartini yang menyuarakan kesetaraan gender tentunya tak pernah sia-sia. Berkat jasanya, lahirlah sosok-sosok perempuan berprestasi dan menginspirasi seperti Sabrina. So, siap menginspirasi seperti keduanya, Black Pals![Hlm/timBX]

Tags :

#
blackicon,
#
sabrina sameh,
#
pembalap wanita,
#
yamaha