MENU
icon label
image label
blacklogo

Andhika Pratama, Aliran Modifikasi Klasik nan Unik Jadi Andalan

NOV 27, 2018@13:26 WIB | 405 Views

Andhika Pratama dari rumah modifikasi Kromworks menjadi salah satu nama builder yang cukup diperhitungkan di ranah modifikasi Indonesia. Bagaimana tidak, hasil tangan dinginnya telah diakui dengan sejumlah prestasi yang telah direngkuhnya.

Builder yang akrab disapa Andhika ini mulai mengenal dunia modifikasi dari sang ayah yang telah lebih dulu berkecimpung di dalamnya.

“Jadi karena sudah jadi rutinitas saya melihat motor custom terus tiap hari, otomatis berjalan dengan sendirinya saya senang dengan dunia itu,” cerita Andhika saat ditemui tim BlackXperience.com.

Andhika mengakui menggemari modifikasi classic nan unik, sehingga membuatnya tampil berbeda dengan yang lainnya. Begitupun dengan style modifikasi yang ia adopsi pada motor-motor modifikasi besutan Kromworks.

Ciri khas lain yang menjadi signature dari modifikasi dari Kromworks adalah penggunaan material stainless steel yang dibuat handmade. Karena menurut Andhika, penggunaan material ini memiliki banyak kelebihan.

“Dibanding material lainnya, stainless steel tidak akan berkarat dan life time-nya abadi. Kita pakai itu karena tidak akan ada masalah korosi di bagian part yang kita custom,” jelas Andhika.

Terbukti dengan racikan ini, Andhika mampu menyabet berbagai gelar dari kompetisi modifikasi. Tentu tak perlu diragukan lagi kapasitas dan kualitas dari Andhika dan Kromworks.

Banjir Prestasi

Daritadi dibahas mengenai prestasi Andhika dan Kromworks. Memang gelar apa saja sih yang pernah diraihnya?

Mulai dari kompetisi modifikasi Kustomfest 2015, Andhika sukses menyabet gelar champions di kelas Cafe Racer. Selang dua tahun kemudian, tepatnya tahun 2017, Andhika kembali merengkuh gelar Best Custom Bike Show di ajang yang sama.

Terakhir kali pada gelaran Kustomfest 2018 yang lalu, Andhika dan Kromworks kembali berhasil membawa pulang penghargaan. Kembali gelar Best Custom Bike Show sukses digondolnya.

Prestasi tak kalah membanggakan lainnya adalah, hasil modifikasi besutan Kromworks sukses dipamerkan di ajang bertaraf internasional bertajuk Motorbike Expo yang dihelat di Verona, Italia.

Pada  event tersebut, karya Andhika diikutkan kompetisi di Champions Class. Tak disangka, motor tersebut berhasil meraih tempat ketiga di Champions Class. Tentunya merupakan sebuah kebanggaan, karya anak bangsa bisa mendapat pengakuan di lingkup global.

Sanggup bersaing di taraf internasional

Lebih lanjut menurut Andhika, hasil modifikasi karya builder-builder Indonesia sangat bisa bersaing di kelas internasional.

Sebab menurut Andhika, modifikasi-modifikasi motor besutan anak bangsa memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya tampak berbeda. Serta proses finishing yang menjadi pelengkap pun layak untuk diadu dengan karya builder internasional.

“Indonesia ini punya ciri khas tersendiri dalam membuat motornya dan keseluruhan dari finishing akhirnya gak kalah dengan negara-negara luar,” jelas Andhika.

Kedepannya Andhika juga berharap industri kreatif khususnya modifikasi motor bisa berkembang lebih pesat lagi. Sekaligus bisa menelurkan beragam karya-karya luar biasa lainnya.

“Harapannya semakin maju lagi, semakin bisa dilihat lagi sama negara-negara luar, serta semakin berkembang lagi industri kreatif khususnya segmen kustom motor ini,” pungkas Andhika. [Hlm/timBX]

Tags :

#
andhika pratama,
#
kromworks,
#
kustomfest,
#
motor modifikasi,
#
custom culture