MENU
icon label
image label
blacklogo

Vollebak Ubah Sampah Elektronik Menjadi Jam Tangan ‘Penuh Warna’

AUG 12, 2020@11:00 WIB | 574 Views

Dengan peluncuran seperti Graphene Jacket dan Squid Jacket, produsen pakaian Inggris, Vollebak, telah mengeksplorasi bagaimana bahan berteknologi tinggi dapat membantu mengubah tampilan, fungsi, dan masa depan pakaian luar dan pakaian santai.

Sekarang kembali untuk mengeksplorasi topik yang berbeda tentang bagaimana mencegah bahan berteknologi tinggi dari hanya mengisi tempat pembuangan sampah ketika mereka mencapai akhir siklus penggunaannya. Jalur pertama yang diperlukan adalah mendaur ulang berbagai suku cadang dan bagian-bagian yang sudah usang menjadi arloji mewah yang disebut ‘Garbage Watch’.

"Saat ini, sebagian besar dari 50 juta ton limbah elektronik yang dihasilkan setiap tahun diperlakukan seperti sampah meskipun sebenarnya tidak," pihak Vollebak menggambarkan masalah tersebut.

"Sebaliknya, itu mengandung banyak logam mulia dunia, seperti perak, platinum, tembaga, nikel, kobalt, aluminium dan seng. Dengan kata lain, jutaan ton barang yang biasanya dibayar orang untuk menggali dari tanah sedang menuju langsung kembali ke dalamnya."

Jam tangan artistik tidak akan mengurangi dampak itu, tetapi Vollebak mengeksplorasi bagaimana mereka bisa menjadi bagian dari solusi. Garbage Watch akan membantu menjaga berbagai logam dan material agar tidak berakhir di tempat pembuangan sampah dengan menggunakan komponen daur ulang seperti kabel dan microchip dalam desainnya.

Vollebak sedang mengembangkan Garbage Watch sebagai bagian dari proyek Re-Made majalah Wallpaper. Ini akan mendukung jam tangan dari yang hanya prototipe menjadi produksi untuk tahun depan, mengambil komponen dari upaya daur ulang limbah elektronik untuk membuat desain akhir. Vollebak akan meluncurkan jam tangan tersebut pada tahun 2021. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
vollebak,
#
garbage watch,
#
jam tangan,
#
inovasi teknologi,
#
teknologi inovatif