MENU
icon label
image label
blacklogo

Urtopia, E-bike Terbaru Dari HongKong Penuh Fitur Teknologi Canggih

NOV 13, 2021@10:00 WIB | 199 Views

Sepeda elektrik jalanan yang dirancang Hong Kong dengan nama Urtopia. Namanya gabungan dari kata Urban dan Utopia. Berbeda dengan ebike lainnya, Urtopia menjaga kesederhanaan dengan mengemas banyak fitur teknologi canggih dan fokus pada kecepatan tunggal.

Salah satu fitur yang paling mencolok adalah bingkai penuh serat karbon, mulai dari garpu, setang, hingga tiang kursi sepeda. Stang juga terlihat menonjol dengan adanya lampu depan LED; pemindai sidik jari untuk membuka kunci sistem penggerak sepeda saat disentuh pemiliknya; kontrol kiri untuk mengaktifkan indikator belok, serta layar LCD pada stem.

Layar LCD dapat menunjukkan semua hal dari tingkat kecepatan dan daya baterai. Sepeda juga memiliki dua mikrofon yang memungkinkan pengguna mengakses segala fungsi Urtopia melalui kontrol suara.

Pada bagian seatpost tidak hanya menggabungkan modul lampu belakang/lampu rem/belok, tetapi juga unit radar gelombang milimeter yang menghadap ke belakang. Sistem radar varia garmin yang ada mampu memperingatkan pengendara ketika mendeteksi kendaraan lain mendekat dari belakang, dengan menggetarkan stang.

Daya mengayuh pengendara ditambah dengan motor hub belakang 250 watt, ditenagai baterai lithium-ion LG 360Wh yang dapat dilepas. Satu kali pengisian daya selama 2,5 jam bisa digunakan untuk jarak 30 hingga 80 mil (48 - 129 km), tergantung pada faktor medan jalan.

Kecepatan tertinggi sepeda dengan bantuan motor 32 km/jam untuk versi AS/Kanada, sedangkan 25 km/jam untuk versi Eropa. Sepeda juga dapat memberikan sinyal jika ada yang ingin mencurinya. Giroskop built-in akan mendeteksi gerakan, membunyikan alarm, dan mengirimkan peringatan ke smartphone pengendara. Keberadaan Urtopia juga dapat dilacak melalui chip GPS.

Beberapa fitur lain seperti perutean kabel internal, rem cakram hidrolik, drivetrain penggerak sabuk karbon gates; dan ban tahan tusukan 700 x 35c. Dari semua fitur yang ada ebike Urtopia, sepeda ini hanya memiliki berat 13,6 kg. Jika Anda tertarik saat ini Urtopia masih ada dalam campaign Indiegogo dengan harga US$1,999 atau sekitar 28 juta rupiah. Sedangkan saat nanti dipasarkan secara luas akan mencapai harga $3,999 atau 56 juta rupiah. [geo/shf/timBX]

Tags :

#
urtopia,
#
e-bike,
#
electric bike