MENU
icon label
image label
blacklogo

Tiongkok Akan Buat PLTA Hydro-Solar Terbesar Di Dunia, Hasilkan Daya 2 Miliar kWh Per Tahun!

JUL 11, 2022@18:00 WIB | 278 Views

Di jalan menuju dekarbonisasi industri global, energi terbarukan memainkan peranan yang sangat penting. Statistik menunjukkan bahwa tenaga air masih merupakan sumber listrik terbarukan terbesar di dunia. Di sisi lain, tenaga surya dan angin telah digunakan selama beberapa tahun terakhir untuk memperluas alternatif energi terbarukan. Menyatukan tenaga surya dan tenaga air bisa menjadi alternatif energi terbarukan di masa depan.

Tiongkok memulai fase konstruksi pertama untuk pembangkit listrik fotovoltaik Kela di provinsi Sichuan, Tiongkok Barat Daya. Ini bukan pembangkit listrik biasa tetapi merupakan komponen penting dari apa yang akan menjadi pembangkit listrik tenaga air terintegrasi terbesar di dunia.

Yalong River Hydropower Development, pengembang pembangkit listrik tenaga air milik negara, bertanggung jawab atas proyek hidro-solar Lianghekou, senilai total 5,3 miliar yuan.

Sebagai pembangkit listrik hydro-solar terbesar di dunia, pembangkit listrik ini diperkirakan mampu menghasilkan 2 miliar kWh per tahun. Dibangun di ketinggian lebih dari 4.000 meter, pembangkit listrik ini juga salah satu pembangkit listrik tertinggi di daratan Tiongkok.

Konsep inovatif pembangkit listrik tenaga hydro-solar dimaksudkan untuk menghasilkan lebih banyak listrik dan mengatur prosesnya, dengan dua jenis kekuatan yang saling menyeimbangkan.

Misalnya, tenaga air lebih tinggi selama musim panas tetapi menurun selama musim dingin, sementara tenaga fotovoltaik, tentu saja, hanya dapat dihasilkan pada siang hari, turun ke nol pada malam hari. 

Seperti yang ditunjukkan oleh Science Norway beberapa tahun lalu, tenaga air mengompensasi ketidakstabilan tenaga surya, sementara beralih ke tenaga fotovoltaik dapat membantu menghemat air dalam jangka panjang.

Lianghekou adalah salah satu proyek terbaru dari Yalong Hydro, yang menurut The International Hydropower Association (IHA), adalah satu-satunya operator stasiun saat ini dan masa depan di Sungai Yalong. Pembangkit listrik tenaga hydro-solar terbesar ini akan mulai beroperasi pada tahun 2023, sebuah model yang dapat menginspirasi konsep inovatif serupa di bagian lain dunia. [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
pembangkit listrik,
#
hydro-solar,
#
blackinnovation