MENU
icon label
image label
blacklogo

Spektakuler! Inilah Printer Hologram 3D Pertama Dari LitiHolo

MAR 10, 2021@08:00 WIB | 275 Views

Hologram yang biasanya kita temukan untuk sebuah penghargaan atau koleksi, sekarang ditemukan untuk membantu pekerjaan manusia. Hal ini merupakan sebuah keajaiban sains 3D yang menjadi sebuah penemuan yang menarik atau tidak biasa terjadi.

MIT Media Lab melakukan penelitian dalam holografi dan pencitraan spasial. Paul Christie, pendiri LitiHolo mengakui sedikit orang yang memiliki akses ke teknologi hologram sejati. Hal ini yang membuat LitiHolo memulainya terlebih dahulu sehingga munculah Printer Hologram 3D pertama.

Teknologi ini dibatasi secara eksklusif untuk universitas riset, beberapa perusahaan yang masing-masing dibuat khusus. Selain itu, penyimpanannya berada di ruangan peralatan laser dan optik kelas atas.

Saat ini, printer hologram 3D ini dapat membuat hologram sendiri, potret holografik, hologram dari grapik komputer 3D, desain CAD dan seni 3D.

Waktunya Menunjukkan Lebih Banyak Hologram

Cara kerja printer hologram ini dapat dikatakan mudah. Printer mengambil beberapa gambar perspektif dari kamera, rekaman video, atau menampilkan desain grafis 3D yang khas. Setelah itu, gambar diiris menjadi rekaman unik untuk setiap piksel pada hologram, yang disebut dengan hogel atau elemen hologram. Setelah itu, printer secara optik mengkodekan informasi hogel itu dengan sinar laser ke film hologram khusus.

Interior prototipe Printer Hologram 3D memiliki beberapa sudut yang berbeda. Setelah menempatkan pelat film ke dalam kereta, rumah sistem, maka posisi pelat di bawah lengan pencetakan optik dan mulai secara optik mengekspos setiap lokasi ke cahaya laser yang membawa gambar prespektif untuk bagian hologram. Setelah selesai, hologram membentuk ulang banyak prespektif berbeda seolah- olah gambar 3D memang ada. Kemampuan ini membuat kita melihat gambar dari sudut yang berbeda.

Input dalam membuat hologram dengan Printer Hologram 3D

Setiap hologram untuk pencetakan memiliki serangkaian gambar prespektif sederhana yang memberikan informasi mengenai sudut pandang 3D atau melihat sekeliling. Hal ini berasal dari berbagai sumber seperti:

- Sketchfab sudah hampir hal yang kita pakai melalui aplikasi ini dapat mencetak di Printer Hologram.

- Qlone jadi aplikasi penangkap 3D ponsel cerdas untuk menangkap objek bahkan orang-orang dengan ponsel cerdas dalam 3D.

- Video pan-round atau rekam video dengan perangkat dengan pedoman dan gambar perspektif yang diperlukan sehingga dapat diekstraksi dari bingkai video untuk pencetakan hologram.

Pelat film LitiHolo merupakan bahan yang berkembang sendiri yang membuat hologram jernih dan cerah tanpa bahan kimia pasca pemrosesan atau pengembangan. Saat film diekspos, maka akan berkembang secara bersamaan. Namun setelah pemaparan selesai, maka bahan aktif dalam film telah habis dan hologram dapat langsung ditonton tanpa menunggu.  [dev/asl/timBX]

Tags :

#
printer hologram 3d pertama,
#
inovasi teknologi,
#
litiholo,
#
printer hologram 3d,
#
hologram