MENU
icon label
image label
blacklogo

SongBird: Kit Turntable 3D Print Masa Kini

MAY 27, 2021@09:00 WIB | 238 Views

Siapa tak kenal dengan piringan hitam? Kini, meja putar kembali dilirik karena memberikan letupan suara yang membuat pendengarnya terhipnotis. Tak hanya itu, dari segi estetika, koleksi piringan hitam akan selalu terlihat lebih bagus dari playlist Spotify.

Kabar baiknya, meski piringan hitam sulit ditemukan lagi, kini BlackPals dapat membuat pemutar rekaman di rumah berbasis printer 3D.

Perusahaan dan startup Inggris, Frame Theory 3D terinspirasi untuk menggunakan vinil dalam menangkap gelombang tersebut. Perusahaan ini pun membuat kit meja putar do-it-yourself (DIY) yang dicetak 3D, dan menjualnya di Kicksarter dengan label The SongBird Turntable.

Ajaibnya, Frame Theory 3D alat yang bisa dirangkai sendiri ini sudah berhasil melampaui penghasilan $ 14.000 sebagai tujuan awalnya. Karena proyek DIY ini kemudian mendapatkan pendanaan, bahkan kini telah berhasil mengumpulkan penghasilan lebih dari $ 28.000.

Meja putar SongBird adalah pemutar rekaman yang berfungsi penuh dan dapat dibuat dengan hampir semua printer 3D domestik.

Ukuran volume minimum yang diperlukan adalah 220 X 220 X 50 mm (8,6 x 9,6 x 1,9 inci). Untuk memudahkan, komponen elektronik alat ini tidak menggunakan solder, sehingga proses pembuatan praktis, cepat, dan mudah. Instruksi cara perakitannya pun cukup jelas untuk memandu pengguna selama pengoperasian. Setiap 1 alat memerlukan waktu perakitan sekitar 1 hingga 2 jam.

Komponen lain dari meja putar, seperti bodi utama dan rumah motor, terbuat dari aluminium yang dianodisasi. Karena perusahaan tidak menyebutkan tentang kartrid yang disertakan dalam kit SongBird, namun Anda dapat melihat beberapa di antaranya disajikan dalam video Kickstarter-nya.

Tak hanya inovatif, namun mempelajari cara pembuatan meja putar Frame Theory 3D adalah peluang bagus untuk belajar tentang prinsip cetak 3D.

Untuk mendapatkan satu set Turntable SongBird membutuhkan jaminan £ 135 (sekitar $ 190) termasuk semua perangkat keras yang diperlukan untuk membangun pemutar rekaman. Sedangkan set cetak dengan semua perangkat keras dan bagian cetak 3D membutuhkan jaminan £ 212 (sekitar $ 300). Setelah pemesanan, proses pengiriman baru akan dimulai pada Oktober 2021 mendatang. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
songbird,
#
kit turntable 3d print,
#
frame theory 3d,
#
inovasi teknologi,
#
pemutar piringan hitam