MENU
icon label
image label
blacklogo

Smart AI SpiderPi Hexabot Hadir Dengan Pengenalan Wajah dan Warna

JUL 14, 2021@11:30 WIB | 143 Views

Kecerdasan buatan (AI) bantu kembangkan perangkat yang lebih pintar dan lebih mampu dari sebelumnya. Salah satu contoh nyata adalah Lobot SpiderPi Hexapod. Lobot SpiderPi AI Intelligent Visual Hexapod Robot Raspberry Pi 4B4G produk teknologi berkaki ini dilengkapi mikrokomputer Raspberry Pi 4B dan diprogram menggunakan bahasa Python. Kodenya adalah open source sehingga siap untuk diperebutkan oleh Anda semua guru dev di luar sana.

Bot memiliki tiga "mata" yang menampilkan kamera 2DOF HD yang digunakannya untuk tugas-tugas cerdas seperti pengenalan wajah, tag, dan warna, transportasi cerdas, dan pelacakan warna, dengan kamera sudut lebar 120 derajat yang membantunya melakukan pekerjaan dengan baik di menguasai kegiatan tersebut. Bahkan ia menawarkan transmisi video real-time.

Dengan memilikinya, BlackPals juga dapat menggunakan SpiderPi untuk tindakan yang lebih menantang seperti membuatnya bergerak dan melakukan putaran dinamis, yang semuanya dimungkinkan berkat algoritme kinematiknya. Robot dapat menentukan jarak suatu objek dan kemudian bergerak ke arah tertentu.

Dari segi warna, hexapod dapat mengenali garis merah, putih, dan hitam melalui OpenCV, membantunya menghitung posisi dan menyesuaikan rutenya. Ini juga dilengkapi sensor ultrasonik RGB yang dapat digunakan untuk menghindari rintangan. Selain itu, dengan baterai lithium 11.1 V 2500mAh, SpiderPi menawarkan waktu kerja yang lama. Menariknya, sejauh sistem kontrolnya berjalan, bot dapat dioperasikan melalui aplikasi seluler atau melalui perangkat lunak PC. Aplikasi seluler kompatibel dengan perangkat iOS dan Android.

Meskipun SpiderPi mungkin merupakan mesin yang kaya akan fitur, fitur-fitur tersebut dibandrol dengan harga yang sangat mahal yaitu $596. Anda memang mendapatkan banyak barang yang disertakan dalam paket, tetapi itu tetap tidak membenarkan biayanya. Dalam jumlah ini, Anda mendapatkan SpiderPi, pengisi daya baterai 11.1V, obeng, memori 16GB, pembaca kartu, kartu tag, bola warna, dan tas sekrup. [asl/timBX]

Tags :

#
smart ai,
#
lobot spiderpi hexapod,
#
inovasi teknologi