MENU
icon label
image label
blacklogo

Segway eMoped C80: Smart E-Bike Pertama dari Segway

MAY 24, 2021@20:00 WIB | 268 Views

Mendengar kata Segway, pasti yang terbesit di pikiran adalah kendaraan sejenis skuter roda dua yang sering digunakan security di mall atau pun di bandara untuk berpatroli, namun saat ini Segway membuat kendaraan yang bertenaga elektrik yang cukup menarik, salah satunya adalah C80.

C80 adalah e-bike pertama dari Segway, namun alih-alih disebut e-bike, kendaraan ini disebut e-moped. Kendaraan memiliki kecepatan maksimum sekitar 20 mph dan tidak dimaksudkan untuk dikayuh. Pedal dan engkol pada kendaraan ini tidak seperti pedal dan engkol tradisional, yang membuatnya tidak nyaman untuk dikayuh.

Tetapi jika diinstruksikan untuk dikayuh, lalu buat apa ada pedal dan engkol?, Segway mengatakan pedal dan engkol itu dimaksudkan sebagai safeguard jika baterai telah habis. Tetapi karena pada dasarnya pedal dan engkol tersebut tidak berguna, tetapi jika pedal dan engkol tersebut dihilangkan maka akan membuat kendaraan ini akan dikatergorikan kendaraan selain e-bike, dan akan membuatnya mendapat beberapa batasan.

Baterai 24 amp dapat bertahan jika menempuh jarak sekitar 47 sampai 52 mil. E-bike ini bisa di-charge dengan cara langsung dicolokan ke kendaraan ataupun mencabut baterai dan di-charge di dalam rumah. Karena memiliki berat lebih dari 90 Kg, maka agak sulit jika ditaruh di tempat seperti apartemen.

Kendaraan ini cukup nyaman dikendarai karena suspensi depan dan tengah bekerja dengan sangat halus di jalanan tidak rata dan berlubang. Selain itu ada auto cruise features yang digunakan untuk menjaga suatu kecepatan tertentu hanya dengan satu tombol, jadi kita hanya tinggal duduk rileks dan santai.

C80 memiliki dual antilock braking system yang dapat menghasilkan tenaga untuk baterai, selain itu dudukannya juga sangat empuk seperti bantal, membuatnya sebagai salah satu e-bike paling nyaman untuk dikendarai. Untuk menyalakan kendaraan ini tidak perlu kunci, tetapi hanya perlu kartu NFC dan aplikasi pada ponsel, kalian harus membuat akun dan menyambungkannya dengan e-bike ini.

Kendaraan ini juga memiliki beberapa fitur keamanan seperti alarm, airlock system, serta sensor, yang dapat mendeteksi jika ada orang lain yang menduduki e-bike ini, jika kendaraan ini bergerak sedikit saja, alarm akan berbunyi dan akan mengirimkan sinyal langsung ke ponsel pengguna, tetapi karena fitur keamanan “pintar” ini menggunakan baterai, jadi tetap harus berjaga-jaga. Adanya aplikasi untuk e-bike ini membuatnya semakin mudah.

Tampilan dari Segway eMoped C80 ini tergolong cukup keren dan futuristik, dengan warna-warna yang terang, ditambahkan dengan lampu LED yang dapat menyala secara otomatis ketika dalam keadaan gelap. Kendaraan ini dibanderol dengan harga sekitar $2.200, tergolong cukup mahal untuk ukuran e-bike. [era/asl/timBX]

Tags :

#
segway emoped c80,
#
segway,
#
emoped c80,
#
smart e-bike,
#
sepeda listrik pintar,
#
ebike,
#
skuter listrik