MENU
icon label
image label
blacklogo

Robot Penata Rambut ala Wighton ini Solusi Cukur Masa New Normal

JUL 24, 2020@15:30 WIB | 1,294 Views

Era pandemi global covid-19 yang terjadi telah membawa kita pada budaya untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Namun, panjangnya durasi untuk tetap di rumah membuat banyak orang mengabaikan penampilan, termasuk soal rambut. Pertumbuhan rambut yang tak bisa dibendung dan tidak adanya jasa salon rambut membuat perbedaan drastis, penampilan sebelum dan sesudah corona.

Saat ini sebagian negara memang telah melonggarkan sedikit aturan untuk berada di tempat umum. Tentu saja, toko tukang cukur dan salon rambut adalah salah satu tempat yang paling banyak dituju. Akan tetapi, belum semua masyarakat siap menyambut new normal dan berinteraksi dengan orang lain.

Permasalahan mengenai kerapian rambut dan kekuatiran cukur di luar rumah, juga dialami oleh Shane Wighton. Insinyur sekaligus Youtuber yang dikenal dengan channel Stuff Made Here ini kemudian tergerak untuk menciptakan robot penata rambut.

“Rambut saya terlalu panjang sehingga saya memutuskan untuk membuat robot yang dapat memotongnya untuk saya,” tulis Shane Wighton dari saluran YouTube 14 Juli yang telah dilihat lebih dari 1,7 juta kali.

Robot ini hanya menggunakan gunting, tanpa pemangkas. Lebih rumit lagi, rambut juga harus dipisah-pisah, sehingga bisa dilaser di bagian tertentu, layaknya penata rambut saat menyisir dan merapikan rambut Anda.

“Saya lebih suka tidak ada orang yang memotong rambut saya, yang juga menyentuh 100 kepala orang lain sepanjang hari. Jadi saya membuat robot ini,”katanya.

Robot ini dibangun menggunakan program komputer yang memberikan pilihan gaya potongan rambut pada seseorang. Gunting robot melekat pada tuas yang dapat disesuaikan, untuk berputar di sekitar kepala.

Dalam video tersebut, Wighton menjelaskan bagaimana ia melatih robot untuk menggunakan dua sisir untuk memisahkan bagian rambut. Tetapi, apa yang mungkin masuk akal bagi seseorang tidak selalu masuk akal untuk robot. Sehingga untuk membuat robot dapat melihat setiap helai rambut dan memisahkannya, diperlukan kamera overhead dan algoritme deteksi objek yang canggih.

Sebagai alternatif, Wighton lalu mengganti perangkat sisir dengan tabung vakum sederhana untuk menyedot rambut. Memungkinkan helaian rambut Anda mencapai gunting.

Hasil akhirnya menarik. Potongan rambut Wighton hasil robot ini tidaklah bagus, tapi juga tidak buruk. Satu-satunya kelemahan dari robot ini adalah butuh waktu lebih lama, jika dibandingkan dengan tukang cukur manusia. Tapi hal tersebut tak menghentikan Wighton untuk mengeksplorasi beberapa potongan rambut yang lebih aneh. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
robot penata rambut,
#
robot pangkas rambut,
#
shane wighton,
#
robot pintar,
#
inovasi teknologi