MENU
icon label
image label
blacklogo

Revonte Sepeda Elektrik Berteknologi Transmisi Virtual

FEB 26, 2020@13:21 WIB | 977 Views

Revolusi Sepeda sedemikian pesat sesuai dengan fungsional dan kebutuhan. Saat kami menemui prototype produk Revonte yang mengusung masa depan e-bikes, menggunakan sistem penggerak yang terintegrasi dengan motor, transmisi otomatis, dan beberapa elektronik dalam satu paket terintegrasi dengan open software.

Sekilas dari model Revonte seperti varian All Mountain ( enduro bike) sepeda dengan suspensi depan dengan time travel lebih panjang 150-170 mm, namun dengan wheelbase lebih pendek. Namun disisi lain cukup kental dengan gaya sepeda fixie. 

Revonte diproduksi di Finlandia, hadir dengan gaya lebih sederhana, namun disisi lain ini benar-benar teknologi baru. Mulai dari rantai, gearset, trasmisi rasio, sproket, yang dirancang secara khusus untuk menangani kinerja otot betis, yang sering kali berjuang mengatasi output torsi yang tinggi dari motor elektroniknya, semisal di kelas EU-legal kisaran 250 watts.  Seperti halnya, Bafang Ultra 1600 w, menghasilkan torsi puncak 160 Nm, diluar kinerja yang dihasilkan dari betis dan telapak kaki. 

Sepeda listrik menjadi upaya perlombaan antar manufaktur di dunia. Ini menjadi salah satu issue yang tidak bertahan lama. Salah satunya brand Evolo dengan pengembangan teknologi transmisi elektronik yang otomatis, dan terintegrasi dengan hub belakang. Namun Revonte satu langkah lebih jauh, dengan menempelkan transmisi di unit drive utama.

Kinerja motor dari Revonte terlihat dari satu set gear yang tidak berbeda jauh dengan kinerja Toyota Prius. Sebuah motor listrik menghasilkan torsi, dan motor yang lain berputar mengontrol kecepatan dari drive utama. Fungsi rantai menghubungkan  engkol pedal ke roda belakang didesain cukup clean. Desain fixie tergambar kuat, mengeleminasi kemungkinan rantai keluar.

Gambar video seorang sedang memperagakan Revonte dalam mode otomatis, dimana ini menonjolkan ukuran torsi dan rubahan rasion untuk menjaga ritme kecepatan yang Anda sukai. Sementara mode manual memberikan efek perpindahan gigi virtual seolah sedang memindahkan gigi. 

Revonte bekerja dengan output 250 watt, menghasilkan torsi 90 Nm dan pada puncaknya mencapai 1500 watt. Mungkin Anda perlu membedakan bagaimana Revonte One bekerja menghasilkan output yang berbeda, dibanding kinerja motor Bosch Drive.

Revonte telah dibekali chip GPS, komunikasi Bluetooth dan komputerisasi pada driver motor.  Teknologi API membuat modul bisa dirubah untuk keperluan model sepeda lainnya. Seperti fitur Find my Bike melalui smartphone, atau saat sepeda bergerak tanpa sepengetahuan Anda dan fitur mengunci jarak jauh. Gunakan kontrol dashboard melalui navigasi tangan Anda dan program bekerja seperti yang Anda suka.

Jejak Revonte memang lebih sebagai perusahaan software yang kebetulan juga memproduksi gear- drivetrain  untuk menjalankan software tersebut. Ada dua brand Tunturi dari Finlandia dan Lavelle Bikers dari Inggris, yang bakal menggunakan teknologi drivetrain Revonte One. Harga Revonte berkisar di USD2 juta, teknologi tinggi diluar apa yang dihasilna Bafang dan Bosch.[Ahs/timBX]

Tags :

#
revonte one,
#
revonte drive train,
#
e-bike,
#
fixie,
#
endurance