MENU
icon label
image label
blacklogo

Razer dan ClearBot Meredesain Robot Otonom Pembersih Sampah Plastik Laut

JUN 15, 2021@08:00 WIB | 340 Views

Razer bergabung dengan startup ClearBot untuk membantu mendesain ulang (redesain) robot AI-nya sebagai pembersih sampah plastik laut. Hal tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia tahun 2021 8 Juni 2021 lalu.

Sejak 2019, startup ClearBot yang berbasis di Hong Kong telah mengembangkan perahu bertenaga surya otonom yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengumpulkan limbah dari berbagai area di lautan. Tim ClearBot merancang robot yang memanfaatkan visi AI untuk mengidentifikasi berbagai jenis limbah plastik laut dan mengumpulkan informasi mengenai polutan ini di lautan untuk melindungi kehidupan akuatik.

Menurut laporan Oceana, sekitar 17,6 miliar pon plastik dibuang ke laut dari sumber darat setiap tahun. Sebagai gambaran, itu kira-kira sama dengan membuang truk sampah penuh plastik ke dalam air setiap menit. Dengan jumlah limbah yang mencemari laut ini, robot ClearBot hampir tidak dapat menangani pekerjaan itu.

Di bawah kemitraan ini, para insinyur dan desainer Razer akan membantu menciptakan prototipe yang skalabel dan dapat dipasarkan secara massal. Dengan memanfaatkan penelitian substansial dan pengetahuan manufaktur Razer, ClearBot mampu meningkatkan desain robot menjadi desain yang lebih cerdas dan efisien.

Robot sekarang dapat mengumpulkan hingga 551 pon (250 kg) limbah pada satu misi dan hingga 1 ton per hari. Robot otonom yang baru dikembangkan ini dilengkapi dengan kemampuan AI dan pembelajaran mesin yang lebih baik, memungkinkannya mendeteksi sampah plastik dalam jarak 6,5 kaki (2 meter).

ClearBot juga telah meluncurkan panggilan untuk bertindak melalui programnya untuk mengumpulkan data tentang sampah plastik laut untuk mendorong keterlibatan aktif dari masyarakat untuk Hari Laut Sedunia tahun ini.

Startup ini mendorong publik untuk membagikan gambar plastik laut yang mereka temukan di air dan mengunggahnya di situs ClearBot. Gambar-gambar ini akan dimasukkan ke dalam database yang ada dan akan membantu meningkatkan algoritma AI pendeteksi limbah robot.

Kolaborasi ini bukanlah inisiatif hijau pertama yang dilakukan Razer. Kembali pada bulan Maret, perusahaan game juga mengumumkan rencananya untuk meminimalkan dan sepenuhnya menghilangkan penggunaan plastik sekali pakai di semua tempat kerja untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca, mempertahankan bio-habitat, dan mencapai tujuan netralitas karbon 100 persen pada tahun 2030.

Guna mengurangi sampah plastik laut, BlackPals tidak perlu menunggu Hari Laut Sedunia lho, bisa memulai sejak sekarang untuk tidak membuang sampang sembarangan. [asl/timBX]

Tags :

#
razer,
#
clearbot,
#
robot otonom,
#
inovasi teknologi