MENU
icon label
image label
blacklogo

Quin Quest, Smart Helm Modular Pertama di Dunia

NOV 22, 2020@08:00 WIB | 144 Views

Berbagai teknologi canggih telah diterapkan pada berbagai peralatan dalam kehidupan manusia. Dan kali ini peralatan helm yang disisipi beberapa teknologi canggih. Ya, kini hadir helm dengan teknologi canggih yang diperuntukkan para pengendara sepeda motor yang mengutamakan keselamatan namun tetap mengutamakan gaya tersendiri. Adalah start-up helm Texas, yang telah menghadirkan helm pintar pertama di dunia dalam desain modular (flip-up) dengan bagian atas yang dapat dilepas. Dan nama label helm ini adalah Quin Quest.

Seperti helm full face perusahaan Dallas lainnya, helm Quin Quest ini merupakan helm karbon ringan dengan teknologi komunikasi Bluetooth terintegrasi dan sistem Intelliquin Quin yang bisa mendeteksi tabrakan dan mengirimkan bantuan. Ini termasuk suar pelacakan langsung untuk memberikan layanan darurat dengan lokasi Anda jika Anda mengalami kecelakaan.

Tidak seperti beberapa helm lain dengan komunikasi terintegrasi, helm ini tidak memiliki kabel, speaker velcro, dial, kenop, atau mikrofon terbuka. Pendiri dan CEO Quin Helmets Ani Surabhi mengatakan helm Quest terbaru ini adalah hasil permintaan pelanggan. “Helm modular serbaguna baru ini menawarkan pelanggan kami lapisan tambahan teknologi Quin, memungkinkan mereka untuk berkendara terpisah, tetapi tidak pernah sendirian dalam petualangan apa pun yang mereka pilih,” kata Ani.

Di antara fitur-fitur lain yang melengkapi perangkat helm ini adalah pelindung matahari internal drop-down, visor berlapis UV dan atasan yang dapat dilepas sehingga Anda dapat memakainya untuk perjalanan petualangan. Dengan tampilan sisi atas yang menyala, berat helm ini cukup ringan yakni, 1,7 kg (3,86 lb) untuk ukuran sedang dan 1,6 kg (3,66 lb) untuk versi lainnya (ukuran biasanya untuk pengendara wanita). Dan bagian sisi bilah dagu satu tombol dapat dikunci dalam posisi terbuka, namun perlu diketahui bahwa mungkin tidak secara resmi disetujui di negara Anda untuk digunakan dalam posisi tersebut saat bersepeda.

Pihak Quin mengklaim Sistem Ventilasi Aerodinamis helm mereka ini memiliki intake atas yang besar yang mengalirkan banyak udara pendingin ke dalam bagian kepala di liner EPS. Dengan kata lain, helm Quin Quest ini tidak akan membuat kepala berkeringat meskipun digunakan berjam-jam lamanya.

Baru hanya ada 200 helm serat karbon terbaru ini yang telah diproduksi untuk kuartal ini dengan distribusi pasar Amerika Serikat sebelum Natal, tepatnya tanggal 15 November  kemarin. Tetapi helm pintar pertama di dunia dalam desain modular ini rencananya akan diluncurkan dalam jumlah yang lebih besar di lebih banyak negara pada tahun depan.

Sementara untuk harga, sayangnya ini belum terungkap, tetapi harus terjangkau karena helm yang disetujui ECE dan DOT harganya USD$ 300 untuk helm terbuka McQ, USD$ 350 untuk full face SpitFire dan USD$ 540 untuk helm Ghost full-face 1270 gram karbon. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
quin quest,
#
smart helm modular pertama di dunia,
#
smart helm modular,
#
inovasi teknologi