MENU
icon label
image label
blacklogo

Proteus: Material Sintetis Anti Potong, Lebih Kuat dari Berlian

JUL 27, 2020@13:00 WIB | 146 Views

Berlian selama ini dikenal sebagai material terkuat yang ada di Bumi. Dihasilkan dari tekanan kuat dan lama, berlian menjadi material super kuat dengan kisi ikatan atom yang padat. Akan tetapi, pengembangan terbaru datang dari insinyur Universitas Durham dan Institut Fraunhofer yang baru-baru ini mengumumkan hasil ciptaan mereka.

Itu adalah material sintetis pertama yang super kuat dan tidak dapat dipotong, disebut Proteus. Para ahli mengembangkan material ini sebagai solusi keamanan dan kenyamanan di rumah, untuk mencegah pembobolan.

Bahan alami yang kita kenal seperti berlian dan safir memang merupakan material yang kuat. Tetapi baik berlian maupun safir tidak fleksibel dan masih dapat dipotong menggunakan alat khusus, yang juga terbuat dari berlian.

Karena itu, Proteus hadir dengan solusi terbaik dan telah terbukti sulit dihancurkan oleh alat potong apapun. Proteus sendiri mengambil inspirasi dari sumber alami yang jauh berbeda, yakni kerang. Material ini terdiri dari kombinasi bola keramik, yang tersuspensi di dalam struktur aluminium seluler. Memungkinkannya menjadi fleksibel dengan hanya 15% kepadatan baja.

Umumnya, cangkang biota laut memiliki komposisi yang serupa dengan lapisan kalsium karbonat yang tersuspensi dalam struktur organik lunak. Sehingga selain melindungi, cangkang juga menumpulkan gigi atau cakar pemangsa. Konsep inilah yang diadaptasi untuk Proteus, sehingga dapat menumpulkan alat potong yang runcing. Anda akan melihat Proteus mampu menghancurkan alat yang terbuat dari logam, lewat video yang telah beredar.

Meski tak dapat dipotong, Proteus tidak dirancang untuk kebal dari kerusakan. Benda pemotong akan merusaknya, tetapi benda itu mengalami kerusakan serius. Para peneliti telah mencoba beberapa alat pemotong dan hasilnya nihil. Proteus tetap bertahan.

Selain benda pemotong, Proteus juga kebal dengan tekanan jet air berdaya tinggi. Ini karena materialnya berubah bentuk, dan  permukaan keramik yang melengkung memperlemah aliran air untuk mencegah kerusakan.

“Sangat luar biasa,” kata Miranda Anderson, salah seorang peneliti dari University of Stirling, Inggris. “Ini benar-benar menghancurkan pisau pemotong melalui getaran samping menyentak yang diciptakannya, atau memperluas semprotan jet air.”

Menurut para peneliti, Proteus memiliki masa depan sebagai pilihan ideal untuk peralatan pelindung dan bahan konstruksi. Sehingga komposisi alat pelindung tidak lagi bergantung sepenuhnya pada logam. Selain itu, Proteus juga dapat  dijadikan komposisi untuk kunci dan brankas, yang mampu menahan gergaji, bor, dan alat lainnya. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
proteus,
#
material sintetis,
#
inovasi teknologi