MENU
icon label
image label
blacklogo

Pixelpaint, Robot Pengecat Mobil Paling Keren!

JUN 16, 2021@08:00 WIB | 521 Views

Pekerjaan manusia banyak yang digantikan robot saat ini dan di masa mendatang adalah keniscayaan. Itulah konsekuensi logis dari produk teknologi inovatif yang mengusung misi efisiensi. Apakah produk inovasi teknologi akan membuat seluruh manusia kehilangan pekerjaan? Waktu akan menjawab semuanya.

Untuk menyebut satu dari sekian banyak produk teknologi yang berpotensi menggantikan pekerjaan manusia adalah robot yang diberinama Pixelpaint. Meraih penghargaan bergensi "Robotics Award 2021", robot yang dikembangkan oleh ABB ini bisa melakukan pekerjaan cat mobil paling keren. Sang robot akan membuat lukisan yang tidak hanya lebih efektif dan berkelanjutan bahkan tidak mengenal batasan kreativitas.

Wajar bila produk teknologi pengecatan mobil baru yang menakjubkan ini mendapat penghargaan bergengsi Robotics Award 2021, yang mengakui inovasi dalam proses otomatisasi. Dan ini bukan hadiah pertama yang diberikan kepada Pixelpaint besutan ABB yang berbasis di Swiss beberapa tahun lalu dan diakui sebagai terobosan inovasi di industri otomotif.

Pixelpaint bekerja dengan sel yang menggunakan 2 robot untuk mengaplikasikan cat pada area target. Namun trik-nya adalah ia menggabungkan kepala inkjet lukisan DPI tinggi yang mencetak cat langsung di permukaan, menggunakan kepala nosel pencetakan, alih-alih menyemprotkan cat dengan alat penyemprot standar.

Lantas bagaimana hasilnya? Efisiensi transfer 100% dan tidak ada lagi penyemprotan yang berlebihan, yang jika BlackPals tidak tahu, adalah salah satu masalah terbesar dengan pengecatan mobil. Dengan prosedur standar, hanya 70 hingga 80% cat yang benar-benar masuk ke permukaan mobil, sisanya terbuang percuma. Dan itu buruk bagi lingkungan dan mahal bagi produsen mobil.

Hebatnya lagi, yang dilakukan 2 robot ini adalah mengubah dua nada paling gila, hasil akhir matte atau skema cat khusus, menjadi kenyataan. Tidak ada lagi proses pengecatan yang sulit dan ekstensif dimana mobil harus melewati dua kali pengecatan, karena harus di-mask terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lapisan warna kedua.

Berkat perangkat lunak pemrograman RobotStudio untuk aplikasi lukisan dua warna dan dekoratif, Pixelpaint dapat memberikan hasil akhir yang sangat individual, jauh lebih cepat dan lebih murah. Masking dan de-masking, yang memakan banyak waktu, dihilangkan sama sekali, dan ini tidak membatasi opsi desain dengan cara apa pun. Sebaliknya, imajinasi sekarang dapat berjalan bebas.

Dan, dengan permintaan saat ini (dan kemungkinan besar di masa depan) untuk desain yang unik dan disesuaikan, robot Pixelpaint akan sangat membantu. [asl/timBX]

Tags :

#
pixelpaint,
#
robot pengecat mobil,
#
robotics award 2021,
#
inovasi teknologi