MENU
icon label
image label
blacklogo

Perusahaan Asal Swedia Ini Akan Membuat Motor Listrik dari Kertas?

MAR 30, 2022@21:00 WIB | 333 Views

Perusahaan asal Swedia, Cake, dikenal sebagai produsen membuat sepeda motor listrik yang berkelanjutan. Sekarang, Cake ingin menjadi lebih ramah lingkungan dengan mengganti bahan plastik di sepeda motor listrik buatan mereka dengan kertas.

Tidak seperti sepeda motor berbahan bakar bensin yang mahal dan tidak ramah lingkungan, sepeda motor listrik Cake diklaim tidak berisik, ringan, fleksibel, tahan lama, dan mengurangi dampak terhadap lingkungan. Tetapi seperti yang dikatakan Stefan Ytterborn, CEO Cake, Ytterborn mendirikan Cake untuk menginspirasi peralihan menuju masyarakat tanpa emisi, itulah sebabnya mengapa Cake terus-menerus mencari bahan terbaik untuk digunakan dalam sepeda motor listrik mereka. Untuk itu, Cake bekerja sama dengan PaperShell, sebuah startup yang membuat berbagai komponen menggunakan komposit serat alami.

Menurut PaperShell, komposit serat buatan mereka lebih kuat dari plastik tetapi dengan dampak lingkungan yang lebih rendah, dengan jejak karbon 0,65 kg CO2e per unit fungsional material. Plastik, di sisi lain, memiliki jejak karbon 4,95 kg CO2e, sedangkan fiberglass memiliki 25 kg CO2e. Meskipun terbuat dari 100 persen selulosa, komposit PaperShell diklaim lebih tahan cuaca, tahan api, tahan UV, tahan regangan, dan tahan benturan.

Itulah sebabnya Cake memutuskan untuk mengevaluasi sifat bahan ini untuk mengetahui bagaimana bahan ini dapat digunakan pada sepeda motor listrik premiumnya, sebagai alternatif plastik untuk sepeda motor listrik mereka. Selain memberi tahu untuk mengurangi penggunaan plastik konvensional dalam produknya, Cake sampai saat ini belum memberikan rincian lain terkait bagaimana bahan berbasis kertas PaperShell akan digunakan selanjutnya. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
electric vehicle,
#
cellulose