MENU
icon label
image label
blacklogo

Aptera the Sol: Kendaraan Elektrik Beroda Tiga dengan Desain Futuristik

AUG 16, 2021@18:00 WIB | 386 Views

Sol seharusnya akan menjadi prototipe Alpha yang terakhir dari kendaraan beroda tiga yang dikembangkan oleh Aptera kembali pada tahun 2019. Prototipe pertama bernama Noir (berwarna hitam), kemudian saat ini the Sol (berwarna putih), dan yang berikutnya adalah Luna (berwarna perak), tetapi masih belum jelas apakah itu akan menjadi kendaraan pengembangan Alpha terakhir atau yang pertama dari fase Beta. Pada titik ini, dan dengan peningkatan yang diungkapkan oleh Steve Fambro (salah satu CEO Aptera) akan masuk akal jika memiliki Alpha Luna jika sudah hampir selesai.

Salah satu yang paling menarik dari kendaraan ini adalah ia tidak menggunakan radiator untuk mendinginkan baterai atau motor hub roda. Sistem pendingin berada di bagian belly pan, saat udara mengalir di sana, ini membantu mobil menghindari kerusakan pada komponennya karena panas yang berlebihan. Seperti yang telah disebutkan, Sol memiliki motor listrik di dalam roda depannya, solusi yang tersedia untuk pabrikan mobil lain tetapi yang umumnya dihindari karena massa yang tidak terpasang.

Elaphe memproduksi motor listrik ini dan akan mengujinya di salju, lumpur, dan es tanpa masalah. Elaphe juga memasok motor ke truk pickup listrik Lordstown Endurance. Sebagai kendaraan yang memiliki penggerak roda depan, Sol dapat mencapai 60 mph dari posisi diam dalam 5,5 detik, sedangkan Noir mencapai kecepatan yang sama dalam 3,5 detik berkat motor tambahan di roda belakang.

Body berbahan komposit digabungkan dengan panel surya yang dapat memberikan kendaraan jangkauan tambahan hingga 45 mil tergantung pada lokasi di mana kendaraan ini bergerak. Bentuknya terlihat seperti tetesan air mata membuatnya sangat aerodinamis, tetapi hanya dapat membawa dua penumpang. Namun, tetap ada cukup ruang untuk kargo.

Fambro menjelaskan bagaimana kendaraan pengembangan Beta akan lebih tinggi sekitar 50 milimeter (2 inci) dan memiliki kursi yang 25 mm (1 inci) lebih rendah untuk mengakomodasi pengemudi dan penumpang yang lebih tinggi dengan lebih baik, selain meningkatkan akses kabin.

UI Aptera juga akan memungkinkan pengemudi untuk menonaktifkan beberapa fungsi di dalam mobil, seperti kursi berpemanas, kipas, dan pengereman regeneratif untuk meningkatkan jangkauannya. Sama seperti Volkswagen, Aptera percaya coasting akan membantu mengemudi lebih jauh. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
aptera,
#
aptera the sol,
#
electric vehicle,
#
ev