MENU
icon label
image label
blacklogo

Perjalanan Bersepeda Anti Pencurian dengan Pedal Berfungsi Ganda

JUL 27, 2021@08:00 WIB | 409 Views

Salah satu yang diantisipasi oleh setiap pesepeda ialah keamanan sepeda dari pencurian ketika di parkir di area tertentu. Pasalnya, masalah bersepeda terbesar adalah bagaimana dan di mana menyimpan sistem kunci. Biasanya harus dibawa dalam tas ransel atau dipasang di sepeda, sehingga sulit untuk membawanya saat berkendara. 

Nah, untuk mempermudah, pesepeda yang bersemangat telah menemukan solusi yang cerdik. Solusinya mengubah pedal sepeda juga menjadi sistem kunci keamanan. Mulanya, seorang pengusaha Jerman Eder Thomas ingin menciptakan sesuatu yang bisa dibawa kemana-mana dan membuatnya terlihat seperti bagian dari sepeda. Dia menamai alatnya ET-one dan itu sebenarnya adalah pedal yang berfungsi ganda sebagai kunci.

Pedal memiliki mekanisme penguncian yang dioperasikan dengan kunci, dan dilengkapi dengan belenggu yang dipasang pada rangka sepeda sehingga tidak menghalangi saat pesepeda mengendarainya. Setelah pesepeda memarkir sepeda, lepas belenggu dari rangka dan masukkan melalui roda ke kunci pedal.

Sebuah bar melengkung kecil berjalan di sepanjang sisi belenggu dan masuk ke dalam lubang di ujung poros pedal, membantu menjaga semuanya tetap pada tempatnya. Belenggu kunci menghalangi sepeda Anda dan mengunci gandar pedal disaat yang sama, sehingga tidak dapat bergerak satu inci pun dari posisinya.

Itu masih bisa diangkat dari tanah dan disolder oleh pencuri, tetapi Thomas telah memikirkan kemungkinan itu juga. Inilah sebabnya dia juga membuat belenggu dengan ujung melengkung. Dengan cara ini, pengait di ujung lainnya dapat menempel pada tiang atau struktur lainnya.

Yang menarik untuk diketahui adalah bahwa alat ini bersifat universal. Pedal, kunci, dan belenggu dapat dengan mudah dipasang di sepeda apa pun. Ketiga komponen ini cukup tahan lama dan juga dapat digunakan secara terpisah jika diinginkan.

Saat ini, ET-one adalah bagian dari kampanye crowdfunding di Kickstarter. Jika mendapat dukungan yang cukup, Thomas memperkirakan produk tersebut akan bertemu dengan pemiliknya di masa depan pada Desember tahun ini. Dengan jaminan $176, BlackPlas juga bisa mendapatkan paket dasar ET-one dengan belenggu lurus berwarna hitam, atau BlackPals dapat memberika deposit sebesar $211 untuk paket lengkap yang berisi belenggu dengan ujung bengkok. [asl/timBX]

Tags :

#
pedal fungsi ganda,
#
pedal sepeda,
#
sistem keamanan sepeda,
#
inovasi teknologi