MENU
icon label
image label
blacklogo

Perangkat Ini Bisa Panen Air Bersih dari Udara Gurun

MAR 26, 2018@09:00 WIB | 1,140 Views

Terdapat beberapa tempat di dunia ini yang kekurangan atau malah tidak memiliki akses ke air bersih yang layak dikonsumsi. Namun baru-baru ini, peneliti MIT tengah menguji sebuah perangkat yang memiliki kemampuan untuk memperoleh air dari udara di gurun. Sebelumnya, penelitian yang sejenis dilakukan melalui panel surya yang disebut zero mass.

Seperti kita ketahui bersama tentunya, daerah gurun merupakan wilayah dengan kandungan air yang begitu sedikit. Tentunya dengan perangkat semacam ini menjadi semacam oase.

Para peneliti tengah menguji coba konsep mereka di Tempe, Arizona dan menyatakan bahwa uji coba yang mereka lakukan telah berhasil. Namun itu baru permulaan, sebab para peneliti mengatakan masih banyak yang harus dilakukan untuk meningkatkan prosesnya.

Konsep menggambar air dari kelembaban di udara bukanlah hal baru dan telah dieksplorasi sebelumnya. Ini biasanya tergantung pada kelembaban yang cukup dari udara sekitar. Perangkat ini dapat mengekstrak air yang dapat diminum dari udara gurun kering yang hanya memiliki kelembaban 10%.

Sayangnya belum diketahui kapan tepatnya perangkat ini dapat digunakan oleh masyrakat umum. Sehingga setidaknya dapat mengurangi beban mereka yang sangat kekurangan air bersih. [Hlm/timBX]

Tags :

#
black box,
#
converter water,
#
air bersih gurun