MENU
icon label
image label
blacklogo

Peneliti Rancang Drone Pendeteksi Teriakan Orang yang Butuh Pertolongan

JUL 07, 2021@19:00 WIB | 177 Views

Bayangkan jika anda tersesat di hutan, tidak bisa keluar, tidak ada sinyal untuk meminta pertolongan, dan tidak ada orang di sekitar anda untuk membantu, apa yang anda lakukan? Sebagian besar dari kita mungkin akan mencoba dan berteriak minta tolong dengan harapan seseorang akan mendengar kita, dan di masa depan, mungkin "seseorang" itu mungkin adalah drone yang terbang.

Berkat hasil kerja para peneliti dari Fraunhofer untuk Institut Komunikasi, Pemrosesan Informasi, dan Ergonomi, di Jerman, mereka sedang mengerjakan drone yang memiliki kemampuan untuk mendengarkan suara orang yang berteriak minta tolong. Idenya adalah drone ini dapat membantu petugas penyelamat menemukan orang-orang yang terjebak dalam situasi darurat.

Ini dilakukan dengan memasang serangkaian mikrofon ke drone dan menggunakan teknik beamforming untuk mencoba menangkap suara jeritan atau tangisan minta tolong. Ini akan memungkinkan drone untuk menentukan dengan dengan tepat dari mana sumber suara itu berasal, setelah itu petugas penyelamat dapat diarahkan ke area tersebut dan dapat menyelamatkan sang korban.

Menurut peneliti Macarena Varela, bahwa ide itu sebenarnya sudah digagas pada tahun 2016, tetapi mikrofon yang mereka gunakan terlalu besar dan berat untuk dipasang di drone. Namun, rekannya Wulf-Dieter Wirth menyarankan agar mikrofon MEMS dapat digunakan sebagai pengganti mikrofon kondensor, sehingga menghasilkan bentuk sistem saat ini. Mungkin perlu beberapa waktu sebelum kita benar-benar melihat drone ini bertugas, tetapi ini adalah konsep menarik yang kami harap akan menjadi kenyataan suatu hari nanti.

Tags :

#
drone pendeteksi teriakan,
#
drone,
#
inovasi teknologi