MENU
icon label
image label
blacklogo

Pantau Terus Gula Darah Dengan Plester Ini

APR 11, 2018@09:00 WIB | 200 Views

Bagi sebagian orang, pengujian kadar gula darah dapat menjadi hal yang menakutkan. Pasalnya, sampai saat ini pengujian tersebut mesti melibatkan jarum untuk mengeluarkan darah dari dalam tubuh. Keberadaan jarum inilah yang terkadang membuat sebagian orang enggan untuk mengecek kadar gula darah mereka. Padahal, hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Nah, beberapa ilmuwan di Universitas Bath di Inggris berhasil mengembangkan alat baru berupa plester pintar yang mampu mengumpulkan data kadar gula darah penggunanya. Memiliki bahan dasar graphene yang memiliki fungsi konduktor yang sangat baik, plester ini memiliki beberapa sensor kecil. Sensor-sensor ini nantinya akan memanfaatkan arus listrik untuk mengambil sampel cairan yang terletak di antara sel kulit dan jaringan rambut. Nah, tiap sensor ini memiliki kantung untuk menyimpan sampe cairan tersebut.

Cairan inilah yang nantinya akan diperiksa untuk mengetahui kadar gula darah seseorang. Dengan metode ini proses pengujian kadar gula darah dapat dilakukan berkali-kali, bahkan setiap 10 sampai 15 menit sekali.

Hingga saat ini, plester pemantau gula darah ini masih dalam tahap pengembangan. Para ilmuwan Bath sampai saat ini masih berusaha mengembangkan jumlah sensor yang dapat ditanamkan di perangkat ini, serta meningkatkan duarabilitasnya sehingga sanggup dipakai selama 24 jam. Tak ketinggalan mengembangkan dukungan aplikasi untuk mengirim hasil pengujian langsung ke ponsel penggunanya.  [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
glukosa