MENU
icon label
image label
blacklogo

Orbit: Jalur Kamera Dolly dengan Hasil Sinematik

MAR 26, 2021@14:00 WIB | 204 Views

Mengabadikan momen dengan video adalah hal yang sudah tak asing lagi bagi setiap orang. Oleh karenanya, banyak bermunculan ide-ide kreatif guna memudahkan pengambilan gambar atau video.

Salah satu inovasi datang dari Josh Yeo, seorang YouTuber, aktor sekaligus pembuat konten. Ia menciptakan perangkat yang menurutnya adalah boneka kamera yang dipasang di langit-langit dan dapat mengambil gambar dengan stabil, sinematik, dan dramatis.

Hasil rancangan Josh Yeo ini disebut Orbit, yakni jalur kamera yang memungkinkan beberapa bidikan mengesankan, terutama untuk video dan timelapse. Konsepnya sederhana, motor yang menopang dua lengan, terhubung ke langit-langit melalui batang yang ditahan oleh empat sekrup. Seluruh peralatan tergantung di atas subjek apapun yang diinginkan, dan dapat menggeser atau berputar penuh di sekitarnya.

Siapa sangka dengan bentuknya yang sederhana, video yang dihasilkan menggunakan Orbit tampak luar biasa. Josh Yeo menunjukkannya lewat build timelapsing, stop motion, perekaman gerak lambat, wawancara, dan banyak lagi.

Di samping semua kelebihan yang ditawarkan, Josh Yeo tak enggan mengemukakan kelemahan Orbit, yakni harus digantung di langit-langit. Meski demikian, ia juga menunjukkan kemungkinan Orbit digunakan di luar ruangan dengan kit opsional.

Salah satu dari dua lengan Orbit akan menahan kamera di tempatnya. Sementara lengan lainnya dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari menaruh lampu, papan tulis, baterai, hingga kamera kedua.

Yeo mengklaim produk rancangannya ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi atau bahkan sangat lambat, yang dapat disesuaikan kebutuhan pengguna.

Selain itu, Orbit harus benar-benar senyap agar tidak menyebabkan masalah audio saat merekam di studio yang tenang. Prototipe pertama Orbit dibuat oleh Yeo sekitar tiga tahun lalu, dan kini peningkatannya sangat signifikan.

Untuk Anda yang tertarik mendapatkan pengalaman gambar sinematik dengan Orbit, Anda dapat memesannya di Kickstarter mulai dari $599 dolar AS atau setara Rp8,6 juta rupiah. Pengiriman produk dijadwalkan pada Oktober 2021 mendatang. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kamera dolly,
#
inovasi orbit,
#
inovasi teknologi