MENU
icon label
image label
blacklogo

Masker LED dengan Inovasi Teknologi Terbaru Ciptaan Desainer Klukas

JUL 28, 2020@12:00 WIB | 284 Views

Masker merupakan salah satu instrumen yang harus dikenakan di masa pandemi. Menjelma sebagai kebutuhan wajib, ragam masker banyak beredar di pasaran. Mulai dari masker batik, masker transparan, masker berbahan kain perca, dan masih banyak lagi.

Menariknya, perusahaan start-up desain yang berbasis di Seattle, Loumen Couture, hadir dengan inovasi terbaru. Mereka memiliki seluruh lini mode yang didukung teknologi yang mencakup gaun, hoodies, kostum, dan lain-lain. Salah seorang desainer mode dari Lumen Couture bernama Chelsea Klukas, belum lama ini meluncurkan produk barunya. Itu adalah masker wajah dengan teknologi LED yang berisikan pesan yang dapat dikustomisasi.

Ide ini berawal dari kerinduan Klukas menciptakan standar masker wajah bagi sahabat-sahabatnya. Ia berangkat dari anjuran badan kesehatan yang merekomendasikan penggunaan masker buatan tangan untuk mencegah penyebaran virus. Di samping itu, kemerosotan penjualan produk Loumen Couture lainnya membuat Klukas mengambil langkah berani dengan mendesain masker. Ia pun memutuskan menambahkan sedikit teknologi untuk membuat masker wajah jadi lebih menyenangkan.

“Saya memiliki komponen-komponen di sekitarnya. Jadi saya menyusun tutorial YouTube DIY cepat untuk cara membuatnya,” kata Klukas dalam wawancara dengan The Verge. “Itu benar-benar meledak, ke titik di mana orang-orang meminta saya untuk topeng siap pakai.”

Klukas mengaku tidak menyangka, ternyata kreasinya mendapat respon lebih baik dari yang dibayangkan. Meski Lumen Couture dikenal sebagai merek fashion wanita, pelanggan masker LED ini lebih banyak pria ketimbang wanita.

Masker LED ala Klukas dilengkapi dengan kapas dan jala berlapis ganda, bersama dengan panel flex LED yang dapat diisi ulang. Panel ini dapat dilepas untuk disanitasi dan dibersihkan. Dalam pengemasannya, masker sudah dilengkapi dengan baterai dan kabel pengisi daya.

Tampilan LED pada masker adalah layar matriks LED tipis yang dapat disesuaikan pengguna melalui aplikasi. Sehingga memungkinkan Anda menambahkan gambar, teks, bahkan input suara. Jangan kuatir, karena kain yang digunakan berkualitas tinggi dan Anda tetap bisa bernapas dengan baik.

Masker LED dapat dibeli di laman resmi Lumen Couture, dibanderol dengan harga $95 dolar AS atau sekitar Rp1,3 juta rupiah. Sang desainer, Klukas, mengaku dirinya tak ingin mengambil untung dari pandemi ini. Oleh karena itu, dia dan Lumen Couture sepakat menyumbangkan hasil penjualan masker LED ke World Health Organisation (WHO). Hingga Juni kemarin, mereka telah menyumbang $5.000 dolar AS atau sekitar Rp72 juta rupiah untuk digunakan sebagai dana bantuan Covid-19. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
masker led,
#
chelsea klukas,
#
loumen couture,
#
masker,
#
inovasi teknologi