MENU
icon label
image label
blacklogo

Main Bass Makin Seru Dengan FM Synth Bass

AUG 20, 2018@09:00 WIB | 654 Views

Alat musik sudah selayaknya menjadi perpanjangan tangan bagi orang yang memainkannya. Sebuah alat musik yang bagus tentunya akan turut membantu penampilan pemainnya. Nah, apa jadinya jika sebuah alat musik diberikan LED yang akan menyala jika ditekan? Setidaknya itulah yang terjadi pada FM Synth Bass.

Dean Miller adalah orang dibalik lahirnya FM Synth Bass. Sebenarnya, bukan kali ini saja ia bereksperimen dengan alat musik. Beberapa tahun lalu, ia sempat memodifikasi sebuah gitar yang ia beri nama Tele Servo Bender. Kali ini, dengan FM Synth Bass, ia bereksperimen dengan LED dan efek suara menarik.

(FM Synth Bass buatan Dean Miller)

FM Synth Bass dibuat dari sebuah silinder akrilik yang dipotong dengan sudut khusus agar memberi ruang untuk menekan fretnya. Senarnya digantikan dengan sensor ThinPot Linear Position sepanjang 500 mm. Kemudian, Dean Miller menanamkan 120 LED dibalik neck bass tersebut. LED ini akan menyala ketika fret ditekan. Hal ini terjadi berkat peran sensor sepanjang 500 mm tadi.

Blackfin+ DSP (Digital Signal Processor) digunakan sebagai otak alat musik canggih ini. Otak itulah yang nantinya menjalankan sejumlah suara unik yang dikeluarkan FM Synth Bass. Menurut Miller, DSP ini serupa dengan fungsi microcontroller, namun memang sengaja didesain untuk menangani sinyal digital seperti audio atau video.

Layaknya bass konvensional, “senar” FM Synth Bass dapat diketuk atau dipukul menggunakan tangan. Tersedia ruang kira-kira sebesar ponsel yang dapat diakses untuk membunyikan bass ini. [Trd/timBX]

Tags :

#
blackbox,
#
bass,
#
fm synth bass,
#
music,
#
diy