MENU
icon label
image label
blacklogo

Kaki Palsu Robotik Ini Sungguh Kuat dan Kinerjanya Lebih Baik

AUG 11, 2020@13:00 WIB | 2,106 Views

Kendati kaki palsu robotik memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kaki alami, mereka juga memiliki beberapa kekurangan yang membuatnya tidak dapat digunakan lebih luas. Namun, protesa prototipe baru dapat mengatasi beberapa kekurangan itu.

Saat menggunakan kaki palsu non-robotik biasa, pengguna biasanya harus mengangkat dan mengayunkan pinggul mereka dengan setiap langkah, untuk mengangkat kaki dari tanah dan memajukannya. Hal ini menyebabkan gaya berjalan yang tidak wajar yang tidak hanya melelahkan, tetapi seiring waktu juga dapat menyebabkan rasa sakit dan cedera.

Sebaliknya, kaki robotik memiliki sambungan bermotor yang secara otomatis menekuk kaki ke atas dan mendorongnya ke depan pada setiap langkah. Untuk menyesuaikan dengan ruang terbatas yang tersedia, motor biasanya berukuran kecil dan berputar cepat. Serangkaian roda gigi digunakan untuk menyalurkan torsi dari motor tersebut ke sambungan.

Sayangnya, semua roda gigi yang berputar tersebut menimbulkan banyak kebisingan, ditambah lagi hambatan yang membuat sambungan tidak berayun bebas. Selain itu, motor membutuhkan banyak daya dari baterai, sehingga membatasi jarak berjalan pengguna dalam satu harinya.

Para ilmuwan sekarang meningkatkan algoritme kontrol, sehingga perangkat dapat menyesuaikan secara otomatis dengan perubahan medan, kecepatan berjalan, dan aktivitas. Selengkapnya, Anda dapat menyimak videonya di akhir artikel.

Artikel ini disadur dari makalah tentang penelitian, yang dipimpin oleh Assoc. Prof Robert Gregg (yang sekarang berbasis di University of Michigan), baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal IEEE Transactions on Robotics. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
kaki palsu robotik,
#
inovasi teknologi,
#
teknologi inovatif